Minggu, 13 April 2014

MEMBACA NYARING TEKS PIDATO DENGAN INTONASI YANG TEPAT


Setelah sebelumnya kita membahas tentang MENYAMPAIKAN INTISARI BUKU BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA YANG EFEKTIF DALAM DISKUSI, sekarang Dari Kelas akan membahas sebuah artikel berjudul Membaca Nyaring Teks Pidato dengan Intonasi yang Tepat.


Di berbagai kesempatan sering disampaikan suatu pidato, baik pada kesempatan resmi maupun kesempatan tidak resmi. Ada beberapa cara orang berpidato, antara lain dengan membaca teks atau tanpa teks. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika membaca naskah pidato, Anda haru memerhatikan kejelasan intonasi dan ekspresi yang tepat. Membacanya pun harus lancar. Sebaiknya, membaca teks pidato dilakukan seperti berbicara biasa, jangan seperti orang yang sedang membaca. Selain itu, pertimbangkan pula mana yang merupakan kata-kata kunci atau isi pokok pidato. Berpidatolah dengan memberikan penekanan pada kata-kata kunci. Pada saat berpidato Anda harus percaya diri dan tampil dengan sikap yang tepat.

Di samping itu, cobalah Anda perhatikan orang yang mendengarkan pidato Anda. Arahkan sejenak pandangan mata Anda kepada pendengar. Dengan demikian, pendengar akan merasa dihargai dan seakan-akan diajak terlibat dalam pembicaraan yang Anda sampaikan. Jika pendengar setuju dengan hal yang disampaikan, biasanya mereka akan merespon dengan mengangguk-anggukkan kepala.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar