DEFINISI EXTRAVERSION DAN INTROVERSION


Dimensi pertama ini membahas mengenai bagaimana individu berinteraksi dengan dunia dan darimana asal energi yang dimilikinya. Seorang dengan tipe Extravert lebih tertarik dengan objek di luar dirinya. Umumnya mereka senang bergaul, bekerja dalam kelompok, dan berada dalam keramaian. Adanya orang-orang lain dapat memberi semangat bagi dirinya, merupakan energi yang membuatnya bersemangat dan bergairah. Ini bukan berarti mereka tidak dapat bekerja sendiri. Mereka mungkin saja terampil bekerja sendiri, namun bila mereka harus bekerja sendirian untuk jangka yang panjang, energinya mudah terkuras. Agar dapat menambah semangat maka orang-orang extravert sebaiknya menyediakan waktu untuk berkumpul dengan orang lain, karena dengan energi yang cukup, hasil kerjanya dapat lebih dioptimalkan.

Sebaliknya, seorang yang introvert lebih tertarik melakukan kegiatan-kegiatannya sendiri dalam ketenangan. Sebagaimana orang extravert mampu bekerja sendiri, maka orang-orang introvert walaupun lebih
sukasenang sendiri, dapat saja mempunyai kemampuan kerjasama yang baik. Namun bagi orang introvert, jika terlalu lama berada diantara orang banyak membuat energinya terkuras dan mereka merasa lelah. Agar dapat mengisi ulang energinya, seperti men-charge baterai, mereka perlu meluangkan cukup waktu untuk aktivitas sendirian, seperti mendengarkan musik sendirian, membaca buku, ataupun bermain-main dengan gagasannya sendiri. Orang yang cenderung ekstraversi disebut extravert dan dalam MBTI dicantumkan insial E sedangkan yang cenderung introversi disebut introvert dengan inisial I.

Tabel di bawah menyajikan beberapa Ciri Extravert dan Introvert. Dengan melihat ciri-ciri orang extravert maupun introvert, kita bisa mengenali kecenderungan yang ada pada diri kita. Kita dapat mengira-ngira tipe kepribadian kita, apakah kita cenderung lebih ekstravert atau introvert. Berilah tanda X pada skala dan lingkarilah E atau I dalam tanda kurung di bawah ini.

(E) Exstraverts ____________________I___________________ Introverts (I)
 
Extraverts
Introverts
Semangat dengan kehadiran orang lain
Semangat dengan menghabiskan waktu sendiri
Senang menjadi pusat perhatian
Menghindar dari pusat perhatian
Bertindak, lalu (atau sambil) berpikir
Berpikir, baru bertindak
Cenderung berpikir dengan bersuara
Berpikir dalam ‘kepala’
Mudah ‘dibaca’ dan mudah ditebak; membagi informasi pribadi dengan bebas
Lebih pribadi, lebih suka membagi informasi pribadi kepada orang tertentu saja
Lebih banyak bicara daripada mendengarkan
Lebih banyak mendengarkan daripada berbicara
Berkomunikasi dengan antusias
Antusias disimpan hanya bagi dirinya sendiri
Memberi respons dengan cepat; menyukai pacu pembicaraan yang cepat
Memberi respons setelah berpikir panjang; lebih suka pacu pembicaraan yang lambat
Lebih menyukai pembicaraan yang luas daripada mendalam
Lebih menyukai pembicaraan yang mendalam daripada yang meluas
  

Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.
  
Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.
 
Like Facebook Page dan Follow Twitter-nya ya.
Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

8 komentar: