JENIS-JENIS KECERDASAN: KECERDASAN SPIRITUAL


Dalam buku klasiknya, an Essay on Man, Cassirer (1944) menguraikan bagaimana sejak zaman purba, manusia secara instinktif sudah menyadari dan memiliki kecenderungan untuk mencari sesuatu yang lebih ‘besar’ daripadanya. Manusia memiliki kebutuhan untuk terhubung (connect) dengan sesuatu yang lebih ‘besar’ dari dirinya. Pada orang-orang beragama ‘sesuatu’ itu biasa dimaksudkan sebagai Allah, Tuhan, Dewa dan lain sebagainya, sedangkan bagi yang tidak beragama seringkali dikaitkan dengan alam semesta atau kekuatan-kekuatan hebat lain yang ada. Berbeda dengan hewan lainnya, manusia memang cenderung mencari jawaban atas berbagai pertanyaan yang terkait dengan sesuatu yang lebih besar darinya, manusia memiliki kecenderungan dan kemampuan berpikir melampaui dirinya (transendental).

Manusia mampu dan cenderung untuk mencari jawaban atas berbagai hal besar dalam hidupnya. Untuk apa saya hidup? Bagaimana dan dari apakah alam semesta ini terbuat? Dimanakah posisi saya dalam alam semesta yang luas ini? Pertanyaan-pertanyaan ini muncul dari kebutuhan pada manusia akan pengalaman yang memiliki makna yang mendalam (deep meaning), tujuan serta nilai yang bermakna. Ini semua membawa manusia pada pertanyaan yang lebih mendalam dan bijak mengenai hidup serta akan berdampak pada berbagai keputusan serta pengalaman hidupnya (Zohar, 2010).

Kecenderungan ini menunjukkan bahwa selain sebagai makhluk individual dan makhluk sosial, pada dasarnya manusia juga merupakan makhluk spiritual. Kecenderungan tersebut tidak akan mampu terjawab hanya melalui kecerdasan (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ) semata, ada kecerdasan ketiga yang memung¬kinkannya yaitu kecerdasan spiritual. Oleh Zohar dan Marshall ini disebut sebagai kecerdasan tertinggi.

Oleh Zohar kecerdasan spiritual didefinisikan sebagai :
…..kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai, yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain (Zohar dan Marshall; 2007; 4).

Kecerdasan ini erat kaitan dengan kehidupan keagamaan walaupun tidak identik dengan keberaga¬ma¬an. Bisa saja ada orang yang beragama namun memiliki kecerdasan spiritual yang tidak terlalu tinggi, ini sering dijumpai pada orang yang menjalankan berbagai ritual keagamaan hanya sebagai suatu kebiasaan dan keharusan, tanpa betul-betul menyadari, mencari atau berusaha memahaminya secara mendalam penuh kesadaran. Sebaliknya bisa saja ada orang yang tidak berargama secara formal, namun mereka menyadari bahwa dirinya merupakan bagian kecil dari sesuatu yang lebih besar (walaupun dalam pengertian alam semesta), oleh karena itu perlu menjalani hidup sesuai bagi kepentingan yang lebih besar dari sekedar dirinya sendiri. Dengan demikian untuk menjalankan keagamaan dengan penuh kesadaran dan mendapatkan pemahaman agama dibutuhkan kecerdasan spiritual namun kecerdasan spiritual sendiri tidak menjamin seseorang beragama.

Titik Tuhan
Berkaitan dengan kecerdasan spiritual, para ahli neurologi menemukan sebuah bagian dalam benak manusia yang sangat erat kaitannya dengan pengalaman spiritual, bagian ini kemudian populer dengan sebutan Titik Tuhan. Titik Tuhan ini terletak pada lobus temporal, bagian otak yang terletak tepat di bawah pelipis. Berbagai percobaan menunjukkan pada saat seseorang beribadah atau mempraktikkan tradisi agama dengan intens, atau sedang bermeditasi dengan intens, atau seseorang memikirkan sesuatu yang sangat berarti dan bermakna seperti masalah kemanusiaan yang luas daerah otak ini menjadi aktif.

Walalupun banyak ahli yang menyatakan bahwa titik Tuhan tidak membuktikan Tuhan itu ada, namun sebetulnya ini juga tidak membuktikan bahwa Tuhan tidak ada. Yang pasti bagian inilah yang memungkinkan manusia berpikir jauh melampaui dirinya, berpikir transendental. Berpikir melampau dirinya. Ini memungkinkan manusia berpikir mengenai

Pengembangan kecerdasan spiritual di perguruan tinggi akan mencegah lulusan yang berpikiran sempit dan hanya memikirkan masalah material dan mendapat pekerjaan saja, melainkan akan menghasilkan manusia-manusia seutuhnya, manusia yang baik dan warganegara yang efektif.


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.
  
Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.
 
Like Facebook Page dan Follow Twitter-nya ya.
Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    BalasHapus