PERBEDAAN INDIVIDUAL


Setiap manusia adalah unik. Tidak ada orang yang benar-benar sama, sepasang kembar sekali pun. Perbedaan-perbedaan membawa pada keaneka ragaman cara dalam memandang sesuatu, dalam bertindak pada berbagai situasi, dalam menentukan sasaran, dalam menilai dan lain sebagainya. Adanya keanekaragaman manusia ini membawa dinamika kehidupan, Perbedaan individual dalam kelompok dapat membawa pada sinergi yang kaya, namun dapat juga menimbulkan konflik yang menguras tenaga.

Selaku manusia kita memiliki kecenderungan untuk hidup berkelompok dengan manusia lainnya. Dalam hidup berkelompok ini manusia saling berinteraksi dan interaksi ini akan menjadi lebih efektif bila kita memahami diri sendiri dan orang yang kita hadapi. Memahami diri adalah memahami ciri-ciri kepribadian yang akan mempengaruhi sikap, kecenderungan, dan perilaku kita. Di samping itu, memahami diri akan membantu kita dalam menangani maupun mengembangkan diri sehingga tercapai peningkatan kualitas kemanusiaan kita, yaitu kepemimpinan, motivasi, empati, dan lain sebagainya. Ada berbagai teori kepribadian yang berusaha membantu kita memahami keanekaragaman individu. Salah satunya adalah teori kepribadian Myers-Briggs.

Teori kepribadian Myers-Brigs merupakan hasil pemikiran sepasang psikolog, ibu dan anak, yaitu Katherine Briggs dan Isabella Myers Briggs. Mereka mengembangkan sebuah Model yang disebut Myers-Briggs Type Indicator (MBTI®), yang dikembangkan berdasarkan teori kepribadian Carl Jung. MBTI hasil kembangan mereka telah membantu menjelaskan teori tipe psikologi dari Jung sehingga lebih mudah dipahami dan dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Melalui penelitian yang panjang serta penyempurnaan berkala, Myers dan Briggs membangun sebuah instrumen tes MBTI (Myers Briggs Type Indicator) yang mengukur tipe psikologi seseorang. MBTI ini mengidentifikasi dan mengkategorisasi kecenderungan perilaku individu dalam empat dimensi, yaitu :
(E) Ekstraversion / Introversion (I)
(S) Sensing / Intuition (N)
(T) Thinking / Feeling (F)
(J) Judging / Perceiving (P)

Keempat dimensi ini masing-masing merupakan suatu kontinum. Jadi seorang individu tidak disebut ekstraversi atau introversi, melainkan kecenderungan lebih ekstraversi, sangat ekstraversi atau sangat introversi.

Berdasarkan skala empat dimensi ini mereka mengelompokkan enambelas tipe kepribadian, dan setiap orang masuk dalam salah satu kategori tersebut. Ini bukan berarti bahwa setiap orang itu tidak unik. Setiap manusia itu tetap saja unik mengingat mereka memiliki orangtua, gen, pengalaman, minat dan lain-lain yang berbeda satu dari lainnya. Namun, mereka juga memiliki sejumlah besar persamaan, dan menemukan tipe kepribadian dapat membantu menemukan, meramalkan perilaku yang akan ditampilkan dalam situasi tertentu, dan mempelajari bagaimana memanfaatkan kesamaan ini.

Salah satu cara untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang adalah menjalani tes MBTI atau mengisi inventori MBTI, kemudian meminta seorang profesional terlatih untuk menginter¬pre¬ta¬si¬kan-nya. Apabila Anda telah memahami ciri-ciri dari masing-masing tipe kepribadian, Anda juga dapat mencoba menemukan tipe kepribadian Anda sendiri melalui introspeksi diri serta membandingkan ciri-ciri yang ditemukan melalui introsteksi diri tersebut dengan ciri-ciri dari keempat dimensi Tipe Kepribadian MBTI ini, kemudian memikirkan mana yang paling mirip dengan Anda (Tieger dan Barron-Tieger, 2001). Mempelajari tipe kepribadian ini juga dapat membantu kita memahami orang lain, terutama orang yang berhubungan dan bekerjasama dengan kita. Memahami orang-orang disekitar dan yang bekerjasama dengan kita akan membantu melancarkan hubungan dan kerjasama tersebut.


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.
  
Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.
 
Like Facebook Page dan Follow Twitter-nya ya.
Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    BalasHapus