EMPAT DIMENSI TIPE KEPRIBADIAN


Sistem Tipe dari pengukuran ini didasarkan atas empat aspek dasar dari kepribadian manusia, berdasarkan empat dimensi tipe kepribadian MBTI yang telah disebutkan sebelum ini. Keempat dimensi ini tidak merupakan sesuatu yang mutlak (yang ini atau yang itu), melainkan mengestimasikan suatu titik dalam sebuah garis kontinum.

(E) Exstraverts ____________________I___________________ Introverts (I)
(S) Sensors _______________________I___________________ Intuitives(N)
(T) Thinkers ____________________I___________________ Feelers(F)
(J) Judgers _____________________I___________________ Perceivers(P)

Misalnya seberapa individu lebih ekstraversi daripada introversi. Oleh karena itu sebaiknya fokus dalam mempelajari dan menganalisis tipe kepribadian kita maupun orang lain, hendaknya jangan hanya melihat pada satu tipe secara terisolasi, seperti hanya mempelajari tipe extravert saja, melainkan pelajari juga lawannya (introvert). Dengan cara ini dapat ditentukan titik secara relatif lebih tepat, misalnya ada lebih banyak ciri tipe extravert yang cocok dengan saya, namun ada beberapa ciri dari introvert yang juga saya miliki, maka saya cenderung extravert dan posisi dalam skala mungkin:

(E) Extraverts _________X__________I___________________ Introverts (I)
atau
(E) Extraverts ______________X_____I___________________ Introverts (I)


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.
  
Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.
 
Like Facebook Page dan Follow Twitter-nya ya.
Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar