RAHASIA SURAT AL-IKHLAS


Surat Al-Ikhlas adalah surat yang ke-112 dari urutan surat-surat dalam Al-Qur'an. Surat Al-Ikhlas seperti halnya surat-surat yang lain juga memiliki banyak rahasia dan khasiat yang terkandung di dalamnya, bila mau mengamalkannya sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang ada.

Dinamakan surat Al-Ikhlas, karena dia menyelematkan orang yang membacanya dari kesulitan dunia akhirat, dari kesulitan sakaratul maut, dari kesulitan kegelapan malam dan dari kesulitan resiko di hari kiamat.

Imam Ja'far Al-Shadiq Berkata,
"Barangsiapa melewati satu hari dan dalam satu shalat wajibnya tidak membaca qulhuwallahu ahad, maka akan dikatakan kepadanya, "Wahai Hamba Allah, kamu bukan termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat."

Imam Ja'far Al-Shadiq Berkata,
"Barangsiapa tertimpa suatu penyakit atau kesulitan (hidup), dan dia tidak membaca qulhuwallahu ahad dalam sakit dan kesulitanya, kemudian dia mati maka dia termasuk penghuni neraka."

Imam Ja'far Al-Shadiq Berkata,
"Barangsiapa melewati satu Jum'at dan tidak membaca qulhuwallahu ahad,kemudian dia mati ,maka dia mati diatas agama Abu Lahab."

Hadist diatas berkaitan dengan hadist dibawah ini:
Dalam Hadist Ubay Bin Ka'ab disebutkan, Nabi saw bersabda,
"Barangsiapa membacanya (surat Al-Lahab) aku berharap Allah tidak menggabungkannya dengan Abu Lahab dalam satu rumah (di akhirat)."

Mari kita lanjutkan lagi hadist-hadist yang berkaitan dengan fadhilah membaca surat Al-Ikhlas.
Imam Ja'far Al-Shadiq Berkata,
"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, hendaknya tidak meninggalkan bacaan Qul Huwallahu Ahad usai mengerjakan shalat wajib. Karena barangsiapa membacanya,niscaya Allah menggabungkan baginya kebaikan dunia dan akhirat, serta mengampuni dosa-dosanya, dosa kedua orang tuanya,dan anak keturunanya."

Imam Ja'far Al-Shadiq Berkata,
Rasulullah SAW menshalati jenazah Sa'ad bin Mu'adz dan berkata, "Sembilan puluh ribu malaikat menshalati jenazahnya."

Kemudian aku bertanya,
"Wahai Jibril, mengapa dia (Sa'ad bin Mu'adz) berhak mendapatkan shalat kalian?"

Malaikat Jibril menjawab,
"Lantaran dia membaca Qul Huwallahu Ahad disaat dia berdiri, duduk, menunggangi kendaraan, berjalan kaki, tatkala bepergian, dan kembali dari perjalananya."

Amirul Mukminin Ali Bin Abi Thalib berkata,
"Barangsiapa membaca Qul Huwallahu Ahad sebelas kali usai shalat subuh, maka dia tidak akan berbuat dosa pada hari itu meskipun bertentangan dengan kehendak syetan."

Membaca 3x surat Al-Ikhlas maka seakan akan dia membaca seluruh isi Al-Qur'an. Adapun hadistnya:
Ubay Bin Ka'ab meriwayatkan, Rasulullah saw Bersabda,
"Barangsiapa membacanya (surat Al-Ikhlas), maka seakan akan dia membaca sepertiga Al-Qur'an dan Allah memberinya pahala sepuluh kebaikan sebanyak jumlah orang yang beriman kepada Allah, malaikat-Nya, kitab kitab suci-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari akhir.

Rasullulah saw Bersabda,
"Segala sesuatu memiliki cahaya, dan cahaya Al-Qur'an adalah surat Al-Ikhlas"

Rasulullah saw Bersabda,
"Barangsiapa membaca Qul Huwallahu Ahad, Allah menurunkan baginya 1000 rahmat lantaran ayat pertama, Allah mengabulkan 1000 doanya lantaran ayat kedua, memenuhi 1000 keinginanya lantaran ayat ketiga, dan memenuhi 1000 kebutuhanya lantaran ayat keempat."


7 RAHASIA YANG TERKANDUNG DALAM SURAT AL-IKHLAS
1. Untuk mencapai segala sesuatu yang diinginkan
Caranya :
Bacalah surat Al-Ikhlas 1.000 kali pada waktu antara shalat Maghrib dengan shalat Isya’. Setelah selesai membaca, berdoalah kepada Allah dan meminta apa yang dihajati. Insya Allah, Allah akan mengabulkan semua yang dimaksud.

2. Menghindarkan dari semua bala bencana
Caranya :
Sebagaimana cara di atas, maka bacalah surat Al-Ikhlas ini 1.000 kali pada waktu antara shalat Maghrib dengan shalat Isya’. Dan Insya Allah, semua bala bencana akan terhindar.

3. Selamat dari orang-orang rakus
Caranya :
a. Bacalah lafal “Yaa Shamadu” 134 kali secara beruntun dan terus menerus di jadikan sebagai amalan sehari-hari. Insya Allah, akan selamatlah kita dari maksud jahat pada orang yang rakus lagi aniaya.
b. Bacalah lafal “Yaa Shamadu” 40 kali, setiap hari. Insya Allah selama hayat masih dikandung badan, kita selalu selamat dari maksud jahat orang-orang rakus.

4. Terhindar dari rasa lapar dan dahaga
Caranya :
Seandainya seseorang berada di perjalanan, atau di tempat yang jauh dari keramaian dan sukar didapatkan air atau mencari makanan, maka bacalah “Yaa Shamadu” sebanyak-banyaknya menurut kemampuan. Insya Allah rasa payah, lapar, dan dahaga akan sirna dengan sendirinya, sehingga badan tetap kuat untuk meneruskan tujuan.

5. Terhindar dari fitnah dan siksa kubur
Caranya :
Bacalah surat Al Ikhlash pada orang yang sedang sakit. Seandainya orang yang sakit itu langsung meninggal pada hari itu juga, maka Insya Allah dia akan diselamatkan dari segala fitnah kubur.

6. Mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat
Caranya :
Bacalah surat Al Ikhlas setiap hari sebagai amalan sehari-harinya. Insya Allah berkat surat Al Ikhlash yang kita baca itu, kita akan mendapat kebaikan di dunia dan akhirat.

7. Untuk memusnahkan musuh yang zalim
Caranya :
Bacalah surat Al Ikhlas 1.000 kali setelah mengerjakan shalat 2 rakaat. Setiap permulaan dari seratus bacalah lafal ini : “Innii sallathtu ruuhaaniyata haadzihis suurati haarrihaa wayaabisihaa ‘alaa ruuhi .... (sebut namanya) adl dlaalimi.
Arti lafal itu:
“Sesungguhnya aku menguasakan ruhnya ini surat, panasnya dan dinginnya kepada ruhnya si .... yang zalim.

Tapi ingat! Cara ini jangan digunakan secara serampangan. Harus digunakan kepada orang-orang zalim yang sangat berbahaya terhadap dirinya atau yang sangat berbahaya kepada agama. Takutlah kepada Allah, karena Allah Maha Tahu dan Maha Adil. Dia Maha Tahu mana orang yang benar dan orang yang salah.

          Masih banyak lagi khasiat yang terkandung dalam surat Al-Ikhlas. Tapi kiranya khasiat yang telah disebutkan di atas sudah cukup digunakan untuk bekal hidup, baik untuk sesuatu hajat yang sangat diinginkan atau untuk perisai badan agar sehat wal afiat, serta terlepas dari gangguan lahir maupun batin.

Nabi bersabda: “Kecintaanmu kepada surat Al-Ikhlas itu dapat memasukkanmu ke surga."


Facebook: Dari Kelas
Twitter: @darikelas

0 komentar:

Posting Komentar