MENGUNGKAPKAN POKOK-POKOK ISI TEKS DENGAN MEMBACA CEPAT 300 KATA PER MENIT


Membaca cepat adalah salah satu teknik membaca yang menitikberatkan pada pemahaman gagasan pokok secara tepat dan berlangsung dalam waktu yang relatif singkat atau membaca dengan kecepatan tertentu sesuai dengan kemampuan sampai dapat menangkap isi bacaan tersebut. Isi merupakan gagasan utama. Gagasan ini biasanya menjadi pokok bahasan pada sebuah paragraf. Dalam bacaan nonfiksi, gagasan utama biasanya dituangkan dalam sebuah pernyataan yang tersebut kalimat utama atau kalimat topik.

Kemampuan membaca cepat yang dimiliki seseorang tidaklah semata-mata mengukur berapa banyak kata yang dibacanya dalam setiap menit, melainkan juga harus dilihat berapa persen pemahaman terhadap isi bacaan.

Cara meningkatkan kemampuan pembaca cepat antara lain dengan cara berikut.
1. Meningkatkan perbendaharaan kosakata.
2. Menerapkan teknik membaca secara efisien.
3. Meninggalkan kebiasaan yang dapat menghambat membaca cepat, seperti vokalisasi, membaca mundur/regresi atau membaca kata demi kata.

Dua hal yang diukur dalam membaca cepat adalah kecepatan membaca dan hasil pemahaman.

Cara yang digunakan adalah mengalikan hasil kecepatan dengan hasil pemahaman. Adapun rumus untuk mengetahui kecepatan membaca adalah:
Keterangan:
x = kecepatan baca
y = jumlah kata yang telah dibaca
z = lama membaca dalam detik

 Sedangkan untuk mencari kemampuan pemahaman dapat dihitung dengan rumus:
Pada umumnya kecepatan membaca seseorang berkisar 200 - 800 kata per menit. Satuan pengukur kemampuan membaca seseorang dinyatakan dalam satuan KPM (kata per menit).


Facebook: Dari Kelas
Twitter: @darikelas

0 komentar:

Posting Komentar