JURNAL KHUSUS PERUSAHAAN DAGANG


Setelah sebelumnya kita membahas tentang LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA, sekarang Dari Kelas akan membahas sebuah artikel berjudul Jurnal Khusus Perusahaan Dagang.


1. PENGERTIAN PERUSAHAAN DAGANG

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utamanya membeli barang dan menjualnya kembali tanpa mengubah barang tersebut. Contoh perusahaan dagang adalah toko, dealer, depot, minimarket, supermarket, dan swalayan. Transaksi yang umum dilakukan perusahaan dagang selama periode akuntansi antara lain pembelian barang dagang, penjualan barang dagang, pengiriman kembali barang yang dibeli, penerimaan kembali barang yang dijual, pembayaran biaya angkut pembelian, dan pembayaran biaya angkut penjualan.


2. MENCATAT TRANSAKSI KE DALAM JURNAL KHUSUS

Pencatatan transaksi pada perusahaan dagang dilakukan sesuai transaksi yang terjadi untuk dicatat ke dalam jurnal khusus. Jurnal khusus adalah jurnal untuk mencatat transaksi-transaksi sejenis yang terjadi pada perusahaan dagang.
  1. Jurnal penerimanaan kas adalah jurnal khusus yang berguna untuk mencatat transaksi penerimaan uang tunai atau setara uang tunai. Contohnya cek, giro pos, giro bilyet, dan wesel pos.
  2. Jurnal pengeluaran kas adalah jurnal khusus untuk mencatat transaksi perusahaan atas pengeluaran secara tunai atau setara uang tunai.
  3. Jurnal pembelian adalah jurnal untuk mencatat pembelian barang dagang dan harta lainnya secara kredit.
  4. Jurnal penjualan adalah untuk mencatat transaksi penjualan barang dagang secara kredit.

Jurnal umum berfungsi untuk mencatat transaksi yang tidak dapat dicatat dalam jurnal khusus. Misalnya transaksi retur pembelian, retur penjualan, dan pengurangan harga.


3. MENCATAT REKAPITULASI DAN POSTING

Rekapitulasi jurnal khusus adalah penjumlahan dari tiap-tiap transaksi dalam jurnal khusus sebelum diposting (dipindah) ke akun buku besar utama pada periode tertentu. Tujuan rekapitulasi jurnal khusus adalah memudahkan posting ke buku besar, menentukan jumlah yang harus diposting, menghindari kesalahan jumlah posting, dan menjamin kebenaran nama akun yang akan diposting. Posting adalah suatu proses memindahbukukan akun-akun jurnal khusus ke dalam buku besar.


4. BUKU BESAR

a. Buku besar utama adalah kumpulan transaksi yang saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan yang digunakan perusahaan dalam menyusun laporan keuangan pada satu periode akuntansi.

b. Buku besar pembantu adalah buku besar yang khusus dibuat untuk merinci lebih lanjut informasi keuangan yang terdapat dalam buku besar utama.
  1. Buku besar pembantu piutang adalah buku yang merinci akun piutang dagang menurut nama pelanggan dan perpindahan jumlah piutang.
  2. Buku besar pembantu utang adalah buku yang merinci akun utang dagang menurut nama pemasok dan perpindahan jumlah utang.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar