PERSAMAAN AKUNTANSI


Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklarifikasi, meringkas, mengolah, dan menyajikan data, transaksi, serta peristiwa ekonomi yang berkaitan dengan keuangan sehingga bisa digunakan oleh pemakai informasi keuangan secara mudah dalam pengambilan keputusan tertentu. Akuntansi hampir digunakan oleh seluruh kegiatan bisnis untuk mengambil keputusan sehingga akuntansi juga disebut sebagai bahasa bisnis. Akuntansi berfungsi memberikan informasi keuangan suatu organisasi perusahaan selama periode tertentu yang menggambarkan posisi keuangannya.

Laporan keuangan sebagai produk akuntansi bersumber dari peristiwa ekonomi yang memengaruhi keseimbangan aktiva dan pasiva perusahaan pada periode tertentu. Dalam akuntansi, konsep keseimbangan informasi keuangan dinamakan persamaan dasar akuntansi, yaitu suatu konsep dasar pencatatan akuntansi sistem berpasangan (double entry).

Pada persamaan akuntansi, pencatatan sumber aktiva dilakukan pada sisi berseberangan dengan pasiva. Persamaan akuntansi akan selalu menunjukkan keseimbangan antara aktiva dan pasiva suatu perusahaan. Melalui konsep ini, dapat diketahui pengaruh posisi keuangan atas peristiwa ekonomi atau transaksi keuangan pada periode tertentu.

Persamaan akuntansi merupakan ringkasan dari pencatatan hasil analisis setiap peristiwa ekonomi atau transaksi keuangan yang terjadi, yaitu:

AKTIVA = PASIVA atau AKTIVA = UTANG + MODAL


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar