PERILAKU DAN PERAN KONSUMEN/PRODUSEN


1. PERILAKU KONSUMEN

a. Pengertian Konsumen
Konsumen adalah orang atau badan yang melakukan konsumsi, yaitu kegiatan menggunakan, mengurangi, dan atau menghabiskan nilai guna suatu barang dan jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.
   
b. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konsumsi
Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh konsumen atau masyarakat dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain tingkat harga barang, tingkat pendapatan, selera, kebiasaan atau pola hidup konsumen, ketersediaan barang, dan lingkungan sosial budaya.

c. Prinsip Konsumsi
Prinsip ekonomi konsumen menyatakan bahwa dengan pengorbanan tertentu diharapkan akan diperoleh hasil maksimal atau dengan pengorbanan minimal diharapkan akan diperoleh hasil tertentu.

d. Perilaku Konsumtif
Perilaku konsumtif memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Memiliki sikap boros dalam membelanjakan dana tanpa memperhatikan nilai guna barang yang dibeli.
  2. Membeli barang tanpa memperhatikan skala prioritas kebutuhan.
  3. Mementingkan selera dan keinginan, bukan kebutuhan hidupnya.

e. Peran Konsumen
Peran konsumen atau rumah tangga konsumsi antara lain mengonsumsi barang dan jasa, menyediakan faktor-faktor produksi, membayar iuran pajak, dan menerima balas jasa atas penyediaan faktor produksi.


2. PERILAKU PRODUSEN

a. Pengertian Produsen
Produsen adalah orang atau badan yang melakukan proses produksi, yaitu kegiatan menghasilkan atau menambah nilai guna barang dan jasa bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia. 

b. Perluasan Produksi
Perluasan produksi dapat dilakukan melalui cara sebagai berikut.
  1. Intensifikasi, yaitu usaha meningkatkan hasil produksi melalui perbaikan atau penggantian faktor-faktor produksi dan metode produksi yang digunakan.
  2. Ekstensifikasi, yaitu usaha meningkatkan hasil produksi dengan memperluas atau menambah faktor produksi.
  3. Diversifikasi, yaitu usaha memperluas usaha dengan cara menambah jenis hasil produksi.
  4. Spesialisasi, yaitu usaha memperluas usaha dengan cara melakukan pembagian kerja secara spesifik. 

c. Hukum Penambahan Hasil yang Semakin Berkurang
Hukum penambahan hasil yang semakin berkurang (the law of diminishing returns) dikemukakan oleh David Ricardo. Hukum ini berbunyi jika ada (paling sedikit) satu input yang tetap (misalnya tanah atau modal) dikombinasikan dengan satu input variabel (misalnya tenaga kerja) yang setiap kali ditambah dengan satu unit, output akan bertambah juga, mula-mula akan bertambah hingga pada titik tertentu (increasing returns), tetapi pada tingkat tertentu tambahan hasil akan semakin menurun (diminishing returns).

d. Perilaku Produsen yang Beretika 
Produsen dalam melakukan kegiatan ekonomi perlu menanamkan beberapa hal antara lain memberikan keuntungan bagi pemilik perusahaan atau stakeholders, memberikan sumbangan sosial, menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan, mematuhi aturan yang berlaku, menjaga kelestarian lingkungan, serta menghindari kegiatan operasional yang tidak etis.

e. Peran Produsen
Dalam kegiatan ekonomi, produsen memiliki peran antara lain memproduksi barang dan jasa, mengombinasikan faktor-faktor produksi, membayar pajak kepada pemerintah, memberi balas jasa kepada pemilik faktor produksi, serta menjadi agen pembangunan nasional.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar