MENEMUKAN IDE POKOK DAN PERMASALAHAN DALAM ARTIKEL MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF


Membaca intensif adalah membaca secara terus-menerus dan penuh pemahaman terhadap suatu bacaan. Tujuan membaca intensif, yaitu untuk mengetahui secara detail hal-hal yang diungkapkan dalam bacaan. Oleh karena itu, dalam membaca intensif pembaca harus melakukannya dengan sungguh-sungguh.


1. MENEMUKAN KALIMAT YANG MENGANDUNG GAGASAN UTAMA DAN PENJELAS

Sebuah artikel umumnya tersusun oleh beberapa paragraf. Setiap paragraf mengandung gagasan pokok yang berbeda. Dalam gagasan pokok tersirat suatu permasalahan. Untuk menemukan ide pokok, pembaca harus cermat membaca setiap kalimat dalam paragraf.

Dalam sebuah paragraf tentunya terdapat gagasan utama dan penjelas. Untuk menemukan kalimat utama, bacalah teks tersebut dengan saksama. Bila penekanan pembicaraan terletak di awal berarti kalimat utamanya terletak di awal paragraf, demikian pula sebaliknya.


2. MENJELASKAN PERBEDAAN ANTARA PARAGRAF YANG BERPOLA DEDUKTIF DAN INDUKTIF

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utama (gagasan pokoknya) terletak di awal, sedangkan kalimat-kalimat yang mengikutinya merupakan kalimat penjelas. Adapun paragraf induktif adalah paragraf yang didahului oleh penjelas (berupa rincian) sedangkan pada akhir paragraf ditemukan kesimpulan secara umum atau kalimat utama atau gagasan pokok.
  
3. MENULIS KESIMPULAN PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa kesimpulan pada paragraf deduktif merupakan gagasan utama yang terletak di awal, sedangkan pada paragraf induktif, kesimpulannya diletakkan di akhir paragraf atau akhir penjelasan-penjelasan khusus.
 
 
Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar