LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA

 
Setelah sebelumnya kita membahas tentang JURNAL PENYESUAIAN DAN KERTAS KERJA PERUSAHAAN JASA, sekarang Dari Kelas akan membahas sebuah artikel berjudul Laporan Keuangan Perusahaan Jasa.
 
 
1. PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN
 
Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan yang menggambarkan kinerja suatu perusahaan pada satu periode tertentu. Menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK), tujuan penyusunan laporan keuangan adalah menyediakan informasi posisi, kinerja, dan perubahan posisi keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu yang berguna bagi pemakai informasi keuangan baik pemakai internal maupun eksternal dalam pengambilan keputusan.

Laporan keuangan suatu perusahaan harus memenuhi karakteristik kualitatif, yaitu prinsip utama yang menyebabkan informasi akuntansi bermanfaat bagi pemakai informasi. Karakteristik kualitatif pokok laporan keuangan meliputi prinsip dapat dipahami, relevan, keandalan, tepat waktu, dapat diperbandingkan, dan penyajian yang wajar.
 
 
2. JENIS-JENIS LAPORAN KEUANGAN
 
a. Laporan laba/rugi (income statement), yaitu laporan keuangan yang menyajikan akun nominal berupa pendapatan yang diterima dan beban yang dikeluarkan oleh perusahaan pada periode tertentu. Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam laporan laba/rugi sebagai berikut.
  1. Laba/rugi usaha adalah pendapatan usaha dikurangi beban usaha.
  2. Laba/rugi di luar usaha adalah pendapatan di luar usaha dikurangi beban di luar usaha.
  3. Laba/rugi kotor adalah laba/rugi sebelum dikurangi pajak.
  4. Laba/rugi bersih adalah laba/rugi setelah dikurangi pajak.
 
b. Laporan perubahan modal, yaitu laporan keuangan yang menyajikan perubahan modal selama satu periode tertentu. Laporan perubahan modal digunakan oleh pemakai informasi akuntansi untuk mengetahui sebab-sebab perubahan modal perusahaan selama periode tertentu. Perubahan modal dipengaruhi oleh transaksi berupa investasi pemilik usaha, pendapatan, beban, dan pengambilan prive.
 
c. Neraca, yaitu gambaran posisi keuangan berupa akun riil (harta, utang, dan modal) yang disusun secara sistematis pada satu periode akuntansi. Informasi keuangan pada neraca berupa posisi sumber kekayaan dan pembiayaan perusahaan pada suatu periode tertentu (triwulan, kuartal, atau tahunan).
 

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar