PELAKU EKONOMI DAN CIRCULAR FLOW DIAGRAM


1. PELAKU EKONOMI

Pelaku ekonomi dalam perekonomian Indonesia sebagai berikut.
  • Rumah tangga konsumen berperan menyediakan faktor produksi, memperoleh balas jasa, mengonsumsi barang dan jasa, serta membayar pajak kepada pemerintah.
  • Perusahaan berperan menghasilkan barang dan jasa, mengombinasikan faktor produksi, membayar pajak kepada pemerintah, dan membantu pemerintah dalam kegiatan pembangunan.
  • Pemerintah berperan mengatur kegiatan ekonomi, mengonsumsi barang dan jasa, memproduksi barang dan jasa publik, serta memungut pajak rumah tangga dan perusahaan.
  • Masyarakat luar negeri berperan mengekspor dan mengimpor barang atau jasa, mengadakan pertukaran tenaga kerja, penanaman modal asing, pinjaman luar negeri, dan bantuan luar negeri.


2. CIRCULAR FLOW DIAGRAM

Circular Flow Diagram (arus lingkaran kegiatan ekonomi) merupakan gambaran interaksi timbal balik antara pelaku ekonomi dalam perekonomian yang menunjukkan arus melingkar dan membentuk sistem tertentu yang menggambarkan posisi uang dan barang atau jasa. Dengan memahami circular flow diagram, pelaku ekonomi mudah mengetahui nilai produk nasional, pendapatan nasional, dan pengeluaran nasional. Circular flow diagram menggambarkan perekonomian dua sektor, perekonomian tiga sektor, dan perekonomian empat sektor.
 
a. Circular Flow Diagram dalam Perekonomian Dua Sektor
Pada perekonomian dua sektor, arus lingkaran kegiatan ekonomi bersifat sederhana. Rumah tangga melakukan penawaran faktor produksi ke perusahaan dan menerima balas jasa berupa upah atau gaji, sewa, bunga modal, dan laba. Perusahaan membutuhkan faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa dengan memberikan imbalan berupa uang kepada rumah tangga sebagai pendapatan.
 
b. Circular Flow Diagram dalam Perekonomian Tiga Sektor
Perekonomian tiga sektor meliputi rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah. Pada perekonomian ini pemerintah berperan sebagai produsen dan konsumen. Pemerintah sebagai produsen berperan menyediakan barang dan jasa bagi pemenuhan kebutuhan publik dan menerima pajak dari rumah tangga dan perusahaan sebagai balas jasa atas pemakaian fasilitas publik. Pemerintah sebagai konsumen membutuhkan faktor-faktor produksi dari rumah tangga (tenaga kerja/pegawai negeri dan investasi/modal) serta perusahaan (peralatan kantor dan barang/jasa lain yang mendukung pelayanan publik).
 
c. Circular Flow Diagram dalam Perekonomian Empat Sektor
Perekonomian empat sektor terdiri atas pelaku ekonomi dalam negeri dan masyarakat luar negeri. Interaksi terjadi di pasar barang (kegiatan ekspor impor barang atau jasa) dan pasar faktor produksi (pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri).


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar