JURNAL PENYESUAIAN DAN KERTAS KERJA PERUSAHAAN DAGANG


Setelah sebelumnya kita membahas tentang JURNAL KHUSUS PERUSAHAAN DAGANG, sekarang Dari Kelas akan membahas sebuah artikel berjudul Jurnal Penyesuaian dan Kertas Kerja Perusahaan Dagang.
 
 
1. PENGERTIAN NERACA SALDO

Neraca saldo adalah suatu daftar yang berisi saldo-saldo sementara setiap akun buku besar pada suatu periode waktu tertentu. Neraca saldo dibuat pada akhir periode akuntansi.


2. PENGERTIAN JURNAL PENYESUAIAN
 
Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo akun sehingga saldo akun menunjukkan jumlah sebenarnya. Akun yang biasa disesuaikan antara lain pemakaian beban dibayar di muka, pemakaian aktiva tetap, pengakuan beban terutang, dan penyesuaian persediaan.

Jurnal penyesuaian untuk persediaan barang dagang bergantung pada sistem akuntansi persediaan yang dipakai.
  1. Sistem persediaan periodik (fisik) dilakukan secara berkala biasanya pada akhir periode. Pada sistem periodik, penyesuaian dilakukan dengan pendekatan ikhtisar laba/rugi dan pendekatan harga pokok penjualan (HPP). Jurnal penyesuaian dengan pendekatan ikhtisar laba/rugi hanya menyesuaikan persediaan barang dagang awal dan akhir. Pencatatan persediaan barang dagang dengan pendekatan HPP melibatkan akun persediaan barang dagang, pembelian, beban angkut pembelian, retur pembelian, dan potongan pembelian.
  2. Sistem persediaan perpetual (terus-menerus) dilakukan pada saat barang dagangan dibeli atau dijual oleh perusahaan dagang.
 
 
3. KERTAS KERJA
 
Kertas kerja adalah alat bantu untuk menyusun laporan keuangan pada akhir periode. Dalam menyelesaikan kertas kerja, akun ikhtisar laba/rugi dari kolom penyesuaian dipindahkan ke kolom neraca saldo disesuaikan (NSD) dan laba/rugi tanpa diselisihkan. Akun harga pokok penjualan (HPP) dari kolom penyesuaian dipindahkan ke kolom neraca saldo disesuaikan (NSD) dan laba/rugi sebesar saldonya.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar