MENEMUKAN IDE POKOK DAN PERMASALAHAN DALAM ARTIKEL MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF


Setelah sebelumnya kita membahas tentang MENYAMPAIKAN GAGASAN DAN TANGGAPAN DENGAN ALASAN YANG LOGIS DALAM DISKUSI, sekarang Dari Kelas akan membahas sebuah artikel berjudul Menemukan Ide Pokok dan Permasalahan dalam Artikel Melalui Kegiatan Membaca Intensif.


Kegiatan membaca sangat bermanfaat. Dengan membaca Anda akan memperoleh beragam pengetahuan dan wawasan. Sumber bacaan bermacam-macam, salah satunya adalah artikel. Artikel adalah karya tulis lengkap di majalah, surat kabar, atau media cetak lain. Dari membaca artikel seseorang akan memperoleh wawasan pengetahuan, memahami (permasalahan) aktual, dan menentukan alernatif solusi terhadap suatu permasalahan.

Setelah membaca suatu artikel hendaknya Anda dapat menemukan ide pokok dalam artikel tersebut. Artikel umumnya disusun dalam bentuk paragraf-paragraf. Anda dapat menemukan ide pokok tiap paragraf dari artikel. Ide pokok merupakan kalimat inti atau pokok paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan pokok atau kalimat utama. Ide pokok didukung oleh ide-ide penjelas dalam paragraf. Anda dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Bacalah setiap paragraf dalam bacaan dengan cermat.
  2. Cermati kalimat pertama hingga terakhir. Bacalah kalimat demi kalimat hingga Anda menemukan ide pokok paragraf.

Dalam suatu paragraf, ide pokok bisa terletak pada awal, pada akhir, atau awal dan akhir paragraf.
  1. Ide pokok pada awal paragraf, disebut paragraf deduktif.
  2. Ide pokok pada akhir paragraf, disebut paragraf induktif.
  3. Ide pokok pada awal dan akhir paragraf, disebut paragraf deduktif - induktif (campuran).
  4. Ide pokok tersirat dalam setiap kalimat, disebut paragraf deskriptif atau naratif.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar