JURNAL PENUTUP


Setelah sebelumnya kita membahas tentang LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG, sekarang Dari Kelas akan membahas sebuah artikel berjudul Jurnal Penutup.


1. PENGERTIAN JURNAL PENUTUP

Jurnal penutup merupakan pencatatan pemindahan saldo akun nominal (sementara) berupa akun pendapatan dan beban ke akun modal melalui ikhtisar laba/rugi, serta pemindahan saldo akun prive ke akun modal. Jurnal penutup memiliki fungsi antara lain menghitung jumlah laba/rugi dari akun pendapatan dan beban, mengenolkan saldo akun nominal ke akun modal untuk pencatatan pada periode berikutnya, serta menghitung modal akhir periode.


2. PENUTUPAN AKUN DALAM JURNAL PENUTUP

Penutupan akun dalam jurnal penutup dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Menutup akun bersaldo normal debit. Artinya jurnal penutup digunakan untuk menutup akun potongan penjualan, retur penjualan dan pengurangan harga, pembelian, serta beban. Penutupan dilakukan dengan cara mendebit akun ikhtisar laba/rugi dan mengkredit akun-akun tersebut.
  2. Menutup akun bersaldo normal kredit. Artinya jurnal penutup digunakan untuk menutup akun penjualan, retur pembelian dan pengurangan harga, serta potongan pembelian. Penutupan dilakukan dengan cara mendebit akun-akun tersebut dan mengkredit akun ikhtisar laba/rugi.
  3. Menutup akun prive, dilakukan dengan cara mendebit akun modal dan mengkredit akun prive.


3. NERACA SALDO SETELAH PENUTUPAN

Neraca saldo setelah penutupan adalah susunan akun riil pada akhir periode setelah penutupan dan sebagai neraca awal periode akuntansi berikutnya. Tujuannya untuk mengontrol buku besar pada akhir periode yang digunakan sebagai dasar pembukuan periode berikutnya.
 
 
Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar