LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG


Setelah sebelumnya kita membahas tentang JURNAL PENYESUAIAN DAN KERTAS KERJA PERUSAHAAN DAGANG, sekarang Dari Kelas akan membahas sebuah artikel berjudul Laporan Keuangan Perusahaan Dagang.


1. LAPORAN LABA/RUGI

Laporan laba/rugi menyajikan informasi mengenai pendapatan dan beban selama periode akuntansi. Pada laporan laba/rugi perusahaan dagang terdapat perhitungan harga pokok penjualan (HPP). Jika HPP lebih kecil daripada penjualan bersih, akan diperoleh laba kotor.

Sementara itu, laba usaha diperoleh dari pengurangan laba kotor dengan beban usaha. Jika HPP lebih besar daripada penjualan bersih, diperoleh rugi kotor.


2. LAPORAN PERUBAHAN MODAL

Laporan perubahan modal menyajikan perubahan jumlah modal selama satu periode akuntansi. Modal bertambah jika laba bersih lebih besar daripada pengambilan prive. Modal berkurang jika laba lebih kecil daripada pengambilan prive.
 
 
3. NERACA

Neraca adalah laporan yang memuat secara terperinci mengenai harta, utang, dan modal suatu perusahaan pada periode tertentu. Laporan neraca berguna sebagai informasi bagi pemakai dalam menentukan kebijakan terkait masa depan perusahaan.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar