DATA TINGKAT ORDINAL DALAM STATISTIKA


Tingkatan yang lebih tinggi setelah data tingkat nominal adalah tingkat ordinal (ordinal level). Contoh, terdapat suatu penilaian para mahasiswa mengenai Profesor James Brunner dalam mata kuliah Pengantar Keuangan. Setiap mahasiswa dalam kelas tersebut menjawab pertanyaan, "Secara keseluruhan, bagaimana Anda menilai pengajar di kelas ini?" Penilaian variabel tersebut mengilustrasikan penggunaan skala pengukuran ordinal. Satu klasifikasi bernilai "lebih tinggi" atau "lebih baik" dibandingkan klasfikasi yang berikutnya. Artinya, nilai "Sangat baik" lebih tinggi dari "Baik", "Baik" lebih tinggi dari "Sedang", dan seterusnya. Namun, kita tidak mampu membedakan besarnya perbedaan masing-masing kelompok. Apakah perbedaan antara "Sangat baik" dan "Baik" sama halnya dengan perbedaan antara "Buruk" dan "Sangat buruk?" Kita tidak dapat menjelaskannya. Apabila kita mengganti "Sangat baik" dengan angka 5 dan "Baik" dengan angka 4, kita dapat menyimpulkan bahwa penilaian "Sangat baik" lebih baik dibandingkan penilaian "Baik", namun kita tidak dapat menjumlahkan tingatan "Sangat baik" dengan tingkatan "Baik", dengan berharap bahwa hasilnya akan memunculkan makna tertentu. Lebih jauh lagi, kita tidak dapat menyimpulkan bahwa penilaian "Baik" (dengan angka 4) adalah dua kalinya penilaian "Buruk" (dengan angka 2). Kita hanya dapat menyimpulkan bahwa penilaian "Baik" lebih baik dari penilaian "Buruk". Kita tidak dapat menyimpulkan seberapa baik penilaiannya.

Contoh lain dari data tingkat ordinal adalah Homeland Security Advisory System. Departemen Keamanan Amerika Serikat menerbitkan informasi berkenaan dengan risiko aktivitas teroris kepada pemerintahan federal, negara bagian, dan pemerintah lokal juga kepada warga Amerika Serikat. Lima tingkatan risisko, dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Ini merupakan contoh skala ordinal karena kita mengetahui urutan atau tingkatan risikonya-warna oranye lebih tinggi dibandingkan warna kuning-namun, jumlah perbedaan risikonya tidaklah sama. Dengan kata lain, perbedaan tingkat risiko antara kuning dan oranye tidaklah sama dengan perbedaan antara hihau dan biru. Anda dapat memeriksa tingkat risiko saat ini dan membaca lebih lanjut mengenai berbagai tingkatan dengan mengujungi situs: www.whitehouse.gov/homeland.

Apabila dirangkum, sifat-sifat tingkatan ordinal adalah sebagai berikut.
  1. Klasifikasi data ditampilkan menggunakan sekumpulan label atau nama (tinggi, menengah, rendah) yang mempunyai nilai relatif.
  2. Karena nilainya bersifat relatif, data yang diklasifikasikan dapat diurutkan atau diberi peringkat.


Facebook: Dari Kelas
Twitter: @darikelas

0 komentar:

Posting Komentar