APA YANG DIMAKSUD DENGAN STATISTIKA


Bagaimana kita mendefinisikan kata statistika? Kita sering menemuinya dalam bahasa sehari-hari. Sebenarnya statistika mempunyai dua arti. Dalam penggunaan yang lebih umum, statistika mengacu kepada informasi numerik. Contoh-contohnya melputi upah awal rata-rata seorang lulusan perguuruan tinggi, jumlah kematian karena kecanduan alkohol selama satu tahun lalu, perubahan Dow Jones Industrial Average dari kemarin hingga hari ini, dan jumlah home run yang dilakukan tim baseball Chicago Cubs selama musim pertandingan tahun 2005. Pada contoh-contoh ini, statistiknya adalah nilai atau persentase. Contoh lainnya.
  • Rata-rata mobil di Amerika Serikat menempuh 11.099 mil per tahun, bus 9.353 mil per tahun, dan truk 13.942 mil per tahun. Di Kanada: 10.371 mil untuk mobil, 19.823 mil untuk bus, dan 7.001 mil untuk truk.
  • Waktu rata-rata untuk menunggu bantuan teknis adalah 17 menit.
  • Panjang siklus bisnis rata-rata sejak tahun 1945 adalah 61 bulan.

Contoh-contoh di atas merupakan contoh-contoh statistika (statistic). Kumpulan informasi numerik disebut juga statistika (statistics).

Kita seringkali mempresentasikan informasi statistik dalam bentuk grafik. Grafik sangat membantu menangkap perhatian pembaca dan untuk menggambarkan sejumlah besar informasi. Sebagai contoh, Diagram di bawah ini memperlihatkan jumlah emisi berbanding laba bersih di suatu perusahaan di Amerika Serikat.


Dibutuhkan waktu yang singkat untuk mengetahui perbandingan antara emisi dan laba bersih dari tahun ke tahun.

Pelajaran statistika, mempunyai arti yang lebih luas daripada sekadar mengumpulkan dan menerbitkan informasi numerik. Kita mendefinisikan statistika sebagai:

Statistika adalah ilmu tentang pengumpulan, pengaturan, analisis, dan penafsiran data untuk membantu proses pengambilan keputusan secara lebih efisien.

Berdasarkan definisi tersebut, langkah pertama untuk menyelidiki masalah adalah mengumpulkan data yang relevan. Data harus disusun dalam beberapa cara dan mungkin dipresentasikan dalam bentuk diagram, seperti diagram di atas tadi. Hanya setelah data disusun, baru kemudian kita dapat menganalisis dan menafsirkannya. Berikut adalah beberapa contoh yang menunjukkan pentingnya pengumpulan data ini.
  • Para analis peneliti di Merrill Lynch mengevaluasi berbagai segi dari saham tertentu sebelum membuat rekomendasi "beli" atau "jual". Mereka mengumpulkan data penjualan perusahaan sebelumnya dan memprakirakan pendapatannya di masa mendatang. Faktor-faktor lain, seperti proyeksi permintaan dunia atas produk-produk perusahaan, kekuatan kompetisi, dan pengaruh kontrak kerja sama manajemen yang baru, juga dipertimbangkan sebelum membuat rekomendasi.
  • Departemen Pemasaran di Colgate-Palmolive Co., produsen produk sabun, bertanggung jawab dalam membuat rekomendasi yang berkaitan dengan keuntungan potensial dari sejumlah sabun muka yang baru dikembangkan yang mengandung aroma buah-buahan, seperti anggur, jeruk, dan nanas. Sebelum membuat keputusan final, para pemasar akan mengujinya di beberapa pasar. Artinya, mereka mungkin akan mengiklankan dan menjualnya di Topeka, Kansas, dan Tampa, Florida. Berdasarkan pengujian pemasaran di dua daerah ini, Colgate-Palmolive akan membuat keputusan apakah mereka akan memasarkan sabun tersebut di seluruh AS atau tidak.
  • Pemerintah Amerika Serikat prihatin dengan kondisi perekonomian AS sekarang dan dirisaukan oleh prediksi kecenderungan perekonomian di masa depan. Pemerintah Amerika Serikat melakukan banyak survei untuk menentukan kepercayaan konsumen dan harapan serta pandangan para manajer mengenai penjualan dan produksi untuk 12 bulan ke depan. Berbagai indeks, seperti Consumer Price Index atau CPI (Indeks Harga Konsumen), dibuat setiap bulan untuk memprakirakan laju inflasi. Informasi mengenai penjualan department store, kredit rumah, perputaran uang, dan produksi hanyalah sedikit dari ratusan fakta yang digunakan untuk menjadi dasar dari proyeksi tentang kondisi masa depan. Proyeksi ini digunakan oleh bank untuk memutuskan tingkat bunga pinjaman utama mereka dan oleh Federal Reserve Board untuk memutuskan tingkat kendali atas pasokan uang.
  • Para manajer harus membuat keputusan tentang kualitas produk atau layanan mereka. Sebagai contoh, para pelanggan menghubungi perusahaan piranti lunak mengenai masalah-masalah teknis ketika mereka tidak mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan piranti lunak. Satu ukuran kualitas layanan terhadap pelanggan adalah berapa lama pelanggan harus menunggu konsultan teknis menjawab panggilan mereka. Perusahaan piranti lunak tersebut mungkin menetapkan waktu maksimal satu menit sebagai waktu respon mereka. Perusahaan kemudian akan mengumpulkan dan menganalisis data waktu respon. Apakah waktu respon bervariasi setiap hari dalam seminggu atau setiap saat dalam sehari? Apabila waktu respon meningkat, manajer mungkin akan memutuskan untuk menambah jumlah konsultan teknis pada waktu tertentu setiap hari atau hari tertentu setiap minggu.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar