BAGAIMANA PROSES TERJADINYA ANAK KEMBAR


Kembar ada dua jenis, yaitu kembar identik (monozygotik) dan kembar fraternal (dizygotik).

Kembar identik yang disebut juga sebagai kembar monozygotik, yaitu kembar yang berasal dari satu telur. Mempunyai gen yang sama, jenis kelamin yang sama, dan muka yang serupa. Proses terjadinya kembar identik, yaitu karena pada masa pembuahan sebuah sel telur matang dibuahi oleh sebuah sperma yang membentuk zygote, kemudian zygote ini akan membelah.

Jika pembelahan zygote ini terjadi saat awal pembuahan (1-3 hari setelah pembuahan), maka setiap embrio biasanya akan memiliki kantung ketuban yang berbeda, dan satu plasenta.

Tetapi bila pembelahan terjadi setelah 14 hari, maka kemungkinan kembar akan terjadi join/menempel bersama pada bagian dari tubuhnya atau pembelahan yang tidak sempurna yang disebut sebagai kembar siam.

Jadi, kembar siam terjadi pada kembar monozygot. Dengan pemeriksaan USG (ultrasonografi), dokter akan dapat menilai keadaan dari janin, jenis kelamin, kelainan maupun posisi, dan sebagainya.

Kembar fraternal yang disebut juga sebagai kembar dizygotik, yaitu kembar yang berasal dari dua telur. Mereka biasanya tidak terlalu mirip atau seperti kakak-adik saja. Proses terjadinya kembar fraternal, yaitu karena pada masa pembuahan terdapat dua buah sel telur matang yang masing-masing dibuahi oleh sperma yang berbeda. Karena berasal dari dua telur dan sperma yang berbeda, maka masing-masing mempunyai kantung ketuban dan plasenta sendiri. Jadi, kembar fraternal adalah terjadinya dua proses pembuahan dalam satu kehamilan.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar