MENULIS NOTULEN RAPAT SESUAI DENGAN POLA PENULISANNYA


Notulen adalah catatan hasil rapat atau sidang mulai dari awal sampai akhir secara lengkap pada keputusan-keputusan. Jadi, setiap selesai melaksanakan diskusi atau rapat, notulis membuat laporan yang disampaikan kepada pihak-pihak lain yang terkait misalnya pejabat, penyandang dana, atau sponsor. Diusahakan orang yang dijadikan notulis adalah orang yang paham mengenai hal-hal yang dibicarakan di rapat atau sidang. Selain itu, seorang notulis harus mampu bekerja dengan cepat dan rapi.

Notulen rapat merupakan dokumen autentik yang penting dari pelaksanaan rapat/diskusi. Oleh karena itu, notulen harus ditulis dengan menggunakan ragam bahasa baku, kata, dan kalimat yang dipilih dalam notulen harus kata baku, singkat, isinya harus jelas, dan padat tetapi lengkap.

Pada dasarnya tidak ada format notulen yang baku. Namun, laporan hasil rapat harus lengkap dan dikemukakan dengan menggunakan bahasa Indonesia baku dan memperhatikan kelaziman penggunaan format tertentu.

Notula yang baik sekurang-kurangnya berisi: tujuan kegiatan rapat, pikiran-pikiran yang dibahas dalam kegiatan rapat, saran dan keputusan dalam rapat, waktu pelaksanaan kegiatan rapat, serta pihak-pihak yang hadir dalam kegiatan rapat.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar