ETIKA DAN STATISTIKA


Setelah berbagai peristiwa kemelut di Enron, Tyco, HealthSouth, WorldCom, dan bencana perusahaan lainnya, para mahasiswa bisnis perlu memahami bahwa peristiwa-peristiwa ini disebabkan oleh kesalahan menampilkan data bisnis dan keuangan. Dalam masing-masing kasus, orang-orang dari setiap organisasi melaporkan informasi keuangan keapda para investor yang mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut berkinerja jauh lebih baik dibandingkan situasi yang sesungguhnya. Ketika informasi keuangan yang sesungguhnya dilaporkan, perusahaan-perusahaan tersebut bernilai jauh lebih rendah dibandingkan dengan yang diumumkan. Akibatnya, banyak investor yang kehilangan semua atau hampir semua uang yang mereka tanamkan dalam perusahaan-perusahaan ini.

Artikel "Statistics and Ethics: Some Advice for Young Statisticians", dalam The American Statistician 57, no. 1 (2003), (www.amstat.org/profession), menawarkan suatu pedoman. Para penulisnya menyarankan agar kita mempraktikkan statistika dengan integritas dan kejujuran, serta mendesak kita untuk "melakukan hal yang benar" ketika mengumpulkan, mengorganisasi, merangkum, menganalisis, dan menafsirkan informasi numerik. Kontribusi statistika yang nyata bagi masyarakat adalah suatu kontribusi moral. Para analis keuangan perlu memberikan informasi yang benar-benar mencerminkan kinerja sebuah perusahaan sehingga tidak menyesatkan para investor. Informasi mengenai kecacatan produk yang mungkin berbahaya bagi orang harus dianalisis dan dilaporkan dengan integritas dan kejujuran. Para penulis artikel The American Statistician tersebut lebih jauh mengindikasikan bahwa ketika kita mempraktikkan statistika, kita perlu mempertahankan "sudut pandang yang bebas dan berprinsip".

Apabila Anda telah membaca artikel ini, kami berharap bahwa Anda mendapatkan suatu gambaran mengenai pentingnya etika. Sebagai contoh, Anda akan mempertanyakan sebuah laporan berdasarkan data yang tidak benar-benar mewakili populasi, suatu laporan yang tidak menyertakan semua statistika yang relevan, laporan yang menyertakan sebuah pilihan ukuran statistika yang salah, atau sebuah presentasi yang mengajukan prasangka penulis dalam suatu usaha penyesatan atau kesalahan penyajian yang disengaja.


Facebook: Dari Kelas
Twitter: @darikelas

0 komentar:

Posting Komentar