CARA MENGGUNAKAN SUMBER DAYA ALAM


Beberapa sumber daya alam dapat langsung kita gunakan seperti bahan asalnya, misalnya air dan udara. Sinar matahari juga dapat langsung kita gunakan, misalnya untuk mengeringkan makanan dan pakaian yang dijemur.

Tumbuhan, hewan, bahan tambang, dan sinar matahari perlu kita usahakan atau kelola agar dapat kita gunakan. Dalam usahanya itu, manusia melakukan berbagai kegiatan. Berbagai sarana dibangun agar dapat memanfaatkan sumber daya alam semaksimal mungkin.

Tumbuhan dan hewan dipelihara dan dikembangbiakkan dalam bentuk pertanian (termasuk perkebunan) dan peternakan (termasuk perikanan). Dalam rangka meningkatkan hasil pertanian dan peternakan dibangunlah misalnya waduk untuk pengairan dan tambak untuk perikanan. Untuk mengolah hasil pertanian dan peternakan dibuatlah berbagai industri. Industri yang memanfaatkan hasil pertanian dan peternakan antara lain industri pengolahan dan pembuatan makanan, industri furnitur, dan industri tekstil.

Untuk memperoleh bahan tambang, manusia membuat penambangan. Di Indonesia penambangan minyak bumi banyak dilakukan di lepas pantai (laut). Anjungan atau bangunan tempat pengeboran minyak bumi dibangun disana. Tentu saja dibutuhkan orang-orang yang terampil untuk menjalankannya.

Dalam rangka mencukupi kebutuhan energi listrik, manusia membangung stasiun pembangkit tenaga listrik. Berbagai sumber daya alam dimanfaatkan. Ada yang memanfaatkan air hingga berdirilah pusat listrik tenaga air (PLTA). Ada yang memanfaatkan uap yang panas dari dalam bumi hingga berdirilah pusat listrik tenaga uap (PLTU). Saat ini manusia juga membuat sel surya yang dapat mengubah energi sinar matahari menjadi listrik.

Tentu saja untuk membuat segala yang disebutkan tadi dibutuhkan biaya sangat besar. Usaha itu juga hanya dapat berjalan jika dikerjakan oleh sumber daya manusia yang andal. Ya, manusia adalah sumber daya paling berpengaruh dan bertanggung jawab atas keadaan alam. Seringkali usaha-usaha manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam justru mengakibatkan kerusakan alam. Lingkungan di sekitar daerah pertambangan, misalnya, banyak mengalami kerusakan. Tanah, air, dan udara pun menjadi tercemar. Oleh karena itu, dibutuhkan misi yang mulia agar tidak sekadar memanfaatkan, tetapi juga memelihara alam.

Alam ini dianugerahkan oleh Tuhan bukan hanya untuk satu atau dua generasi manusia. Anak cucu kita kelak berhak menikmati sumber daya alam juga. Jadi, sumber daya alam yang ada saat ini tidak boleh kita habiskan begitu saja. Pengambilan bahan tambang harus sehemat mungkin. Kerusakan akibat penambangan harus ditekan sekecil mungkin, walaupun untuk itu kita butuh biaya besar.

Berikut ini beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk memelihara sumber daya alam di kehidupan sehari-hari.
  1. Menghemat penggunaan air dan listrik.
  2. Membuang sampah pada tempatnya agar tidak mencemari lingkungan.
  3. Menanami lingkungan dengan tumbuhan. Selain memperindah lingkungan, tanaman dapat melepaskan oksigen ke udara. Udara pun makin terasa segar. Tumbuhan juga dapat mengurangi polusi udara.


Kesimpulan
Manusia berusaha memanfaatkan sumber daya alam sebaik mungkin. Karena beberapa sumber daya alam tidak dapat diperbarui, kita harus menghemat penggunaannya.


Facebook: Dari Kelas
Twitter: @darikelas

0 komentar:

Posting Komentar