MENGHEMAT AIR


Air tidak akan habis karena memiliki daur. Akan tetapi, persediaan air bersih semakin berkurang. Penyebabnya antara lain polusi (pencemaran). Sedemikian sulitnya mendapatkan air bersih sehingga seringkali orang perlu membelinya. Beberapa puluh tahun lalu, orang masih dapat mengambil air dari sungai atau sumur pompa. Saat ini di banyak daerah khususnya kota besar, orang tidak dapat mengambil air bersih melalui sungai atau sumur pompa. Air yang diambil dari sumur pompa kebanyakan telah tercemar.

Oleh karena itu, selain mengurangi atau menghilangkan pencemaran (polusi), kita juga harus menghemat air bersih. Apalagi jika air bersih kita peroleh dengan membeli. Semakin banyak air yang kita gunakan, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.

Menghemat air dapat dimulai dengan cara-cara sederhana sebagai berikut.
  1. Tutuplah keran air setelah menggunakannya. Jika kita lupa menutup keran air, air bersih dapat terbuang percuma.
  2. Usahakan mencuci pakaian setelah mencapai jumlah cukup banyak. Semakin sering kita mencuci pakaian sedikit demi sedikit, semakin banyak air yang kita gunakan.
  3. Gunakan air bekas mencuci beras atau sayuran untuk menyiram tanaman. Selain menghemat air bersih, tanaman dapat tumbuh subur dengan air bekas itu.
  4. Usahakan tidak mencuci kendaraan setiap hari. Jika hanya kotor karena debu, kendaraan cukup dilap saja.


Kesimpulan:
Karena persediaan air bersih makin berkurang, kita harus menghemat penggunaannya.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

2 komentar:

  1. Sekarang udah ada pure it woyy!! Udah di uji lg di IPB dan ITB :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, masnya promosi nih ceritanya? hahaha..

      Hapus