EKONOMI MIKRO, EKONOMI MAKRO, DAN MASALAH DI BIDANG EKONOMI


EKONOMI MIKRO

Ekonomi mikro mempelajari bagian kecil dari seluruh aktivitas perekonomian, yaitu perilaku ekonomi secara individu, rumah tangga, perusahaan, dan pasar. Ekonomi mikro secara khusus mempelajari cara pengambilan keputusan produsen dan konsumen dalam pembentukan harga di pasar dan pengalokasian sumber daya ekonomi. Analisis ekonomi mikro terdiri atas teori harga, teori produksi, dan teori distribusi. Aspek-aspek yang dipelajari dalam ekonomi mikro antara lain interaksi di pasar barang, interaksi di pasar faktor produksi, serta perilaku produsen dan konsumen.


EKONOMI MAKRO

Ekonomi makro menganalisis kegiatan perekonomian secara menyeluruh, tidak hanya perilaku individu atau perusahaan. Ekonomi makro membahas aspek-aspek antara lain pemanfaatan sumber daya ekonomi, stabilitas ekonomi, pertumbuhan ekonomi, ekonomi internasional, neraca pembayaran internasional, nilai tukar, inflasi, dan jumlah uang beredar.


PERMASALAHAN DI BIDANG EKONOMI

Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang menghadapi berbagai macam permasalahan yang menyangkut perekonomian antara lain rendahnya pertumbuhan ekonomi, pengangguran, kemiskinan, kesenjangan penghasilan, dan inflasi. Kebijakan-kebijakan ekonomi yang ditetapkan pemerintah untuk mengatasi permasalahan ekonomi tersebut antara lain kebijakan fiskal, kebijakan moneter, kebijakan harga, dan kebijakan perdagangan internasional.


Facebook: Dari Kelas
Twitter: @darikelas

0 komentar:

Posting Komentar