UNSUR-UNSUR PARAGRAF


Paragraf mengandung beberapa unsur. Unsur-unsur yang terdapat dalam paragraf berupa masalah, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas, fakta, ataupun pendapat. Masalah merupakan hal atau sesuatu yang harus diselesaikan atau dicari jalan keluarnya.

Ide pokok merupakan gagasan yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan utama atau gagasan pokok. Ide pokok terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf. Ide pokok dalam suatu paragraf didukung oleh beberapa kalimat penjelas.

Paragraf yang memiliki ide pokok di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf yang memiliki ide pokok di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf yang memiliki ide pokok di awal dan di akhir paragraf disebut paragraf campuran. Paragraf yang memiliki ide pokok di seluruh paragraf disebut juga paragraf narasi.

Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf. Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mendukung atau memperjelas kalimat utama. Kalimat penjelas harus menjabarkan atau memperjelas kalimat utama.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar