PENYEBAB RISIKO INFORMASI DALAM AUDIT


Dengan makin kompleksnya masyarakat, makin besar pula kemungkinan pengambil keputusan menerima informasi yang tidak andal. Beberapa alasannya adalah jauhnya informasi, keberpihakan (bias) dan motif dari penyedia, data yang sangat banyak, serta adanya transaksi pertukaran yang kompleks.

Jauhnya Informasi. Dalam perekonomian global, hampir mustahil bagi seseorang pengambil keputusan untuk mengetahui secara langsung organisasi yang menjadi rekan usahanya. Informasi yang disediakan oleh pihak-pihak lain harus menjadi andalan. Apabila informasi diperoleh dari pihak lain, kemungkinan bahwa informasi itu disalahsajikan secara sengaja ataupun tidak sengaja jauh lebih besar.

Bias dan Motif Pihak Penyedia. Jika informasi disediakan oleh seseorang yang tujuannya tidak sejalan dengan tujuan pengambil keputusan, informasi itu mungkin dibiaskan demi menguntungkan pihak penyedia. Alasannya mungkin saja karena murni rasa optimisme tentang peristiwa-peristiwa di masa depan atau penekanan disengaja yang dirancang untuk memengaruhi pemakai informasi. Apapun alasannya, hal itu akan menghasilkan salah saji infomasi. Sebagai contoh, ketika seorang peminjam menyerahkan laporan keuangan kepada pemberi pinjaman, ada kemungkinan yang cukup besar bahwa si peminjam akan membiaskan laporan tersebut untuk memperbesar peluang memperoleh pinjaman. Salah saji itu mungkin berupa nilai rupiah yang tidak benar atau pengungkapan informasi yang tidak memadai atau tidak lengkap.

Data yang Sangat Banyak. Makin besar organisasi, maka makin besar volume transaksi pertukaran yang dilakukan. Hal ini memperbesar kemungkinan dimasukkannya informasi yang dicatat secara tidak tepat ke dalam catatan atau mungkin terkubur dalam sejumlah besar informasi lainnya. Sebagai contoh, jika sebuah bdan pemerintah yang besar kelebihan membayar tagihan seorang vendor sebesar RP2.000.000, kecil kemungkinannya hal ini akan terungkap kecuali badan tersebut telah menjalankan prosedur yang cukup rumit untuk menemukan salah saji jenis ini. Jika banyak salah saji berjumlah kecil ini terus tidak terungkap, maka nilai totalnya bisa signifikan.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar