CIRI-CIRI KENAMPAKAN ALAM WILAYAH INDONESIA


Anda disini pasti ingat bahwa tiap-tiap provinsi memiliki ciri-ciri kenampakan alam yang berbeda-beda. Adapun kenampakan alam di Indonesia yang dapat Anda lihat pada peta adalah kenampakan alam daratan dan perairan. Alam daratan berupa pegunungan, gunung, dataran rendah, dan tanjung. Sedangkan kenampakan alam perairan berupa sungai, danau, laut, dan selat. Berikut ini akan dijelaskan kenampakan alam wilayah Indonesia seperti pegunungan, gunung, sungai, danau, laut, dan selat.


A. PEGUNUNGAN

Pegunungan Jayawijaya, Papua

Kali ini kita akan membahas pegunungan-pegunungan yang terdapat di beberapa pulau besar seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian.

Di pulau Sumatera terdapat deretan pegunungan yang memanjang. Pegunungan ini disebut Pegunungan Bukit Barisan.

Pulau Jawa dilalui pegunungan yang membentang di daerah bagian barat, tengah, dan selatan. Masing-masing pegunungan ini diselingi oleh dataran rendah dan lembah. Pegunungan yang terdapat di bagian selatan Pulau Jawa pada umumnya merupakan pegunungan kapur.

Di bagian utara Jawa Timur terdapat jalur pegunungan kapur yang dikenal dengan deretan Pegunungan Kendeng. Di daerah ini terdapat banyak tambang minyak bumi.

Ada beberapa lagi pegunungan yang tedapat di Pulau Jawa, seperti Pegunungan Dieng, Pegunungan Serayu, Pegunungan Kapur Utara (Jawa Tengah), Pegunungan Tengger (Jawa Timur), dan Pegunungan Sewu (Yogyakarta).

Di Pulau Kalimantan terdapat pegunungan yang lebih tua dibandingkan dengan pegunungan yang terdapat di Jawa dan Sumatera. Di pegunungan ini tidak terdapat gunung api yang masih aktif, kecuali di Kalimantan Utara.

Pegunungan yang terdapat di Pulau Kalimantan antara lain Pegunungan Meratus (Kalimantan Selatan) serta Pegunungan Schwaner dan Pegunungan Muller yang membatasi Provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah. Selain itu, terdapat Pegunungan Kapuas yang membatasi Provinsi Kalimantan Barat dengan Malaysia Timur di sebelah utara. Pegunungan Iban juga membatasi Provinsi Kalimantan Timur dengan Malaysia Timur di sebelah utara.

Pegunungan yang terdapat di Sulawesi termasuk pegunungan yang cukup tinggi, antara 2000-3500 meter. Pegunungan ini terdapat hampir di seluruh semenanjung yang ada di Pulau Sulawesi.

Adapun pegunungan yang terdapat di Sulawesi antara lain Pegunungan Utambela (Gorontalo); Pegunungan Fenema dan Pegunungan Pompange (Sulawesi Tengah); Pegunungan Quarles, Pegunungan Tineba, dan Pegunungan Verbek (Sulawesi Selatan); Pegunungan Matarombea dan Pegunungan Tangkeleboke (Sulawesi Tenggara).

Di Irian terdapat jalur pegunungan tinggi yang membujur ke arah timur dan barat. Pegunungan yang terdapat di Irian banyak memiliki puncak yang sangat tinggi, antara lain Pegunungan Sudirman dengan Puncak Jaya (5030 m) dan Puncak Trikora (4750 m), Pegunungan Jaya Wijaya dengan Puncak Mandala (4700 m) dan Puncak Yamin (4506 m). Selain itu, juga terdapat Pegunungan Tamru.


B. GUNUNG

Gunung Semeru

Anda tentu tahu nama-nama gunung yang terdapat di daerah tempat tinggal anda. Gunung-gunung di Indonesia sangat banyak, baik yang berapi maupun yang tidak berapi. Hampir semua pulau di Indonesia memiliki gunung. Gunung tertinggi di Pulau Sumatera adalah Gunung Kerinci yang tingginya mencapai 3805 meter. Gunung tertinggi di Pulau Jawa adalah Gunung Semeru yang tingginya mencapai 3676 meter.

Gunung tertinggi di Pulau Sulawesi adalah Gunung Rantekombola yang tingginya mencapai 3456 meter. Adapun puncak tertinggi di Irian (Papua) adalah Puncak Jaya yang mencapai 5030 meter. Puncak Jaya selalu diselimuti oleh salju abadi karena begitu tinggi sehingga udara di atasnya sangat dingin sepanjang tahun.


C. DATARAN TINGGI

Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi sangat bermanfaat bagi manusia, terutama untuk daerah perkebunan teh dan tempat peristirahatan. Ada beberapa dataran tinggi yang terdapat di Indonesia, misalnya Dataran Tinggi Alas, Dataran Tinggi Karo, Dataran Tinggi Kerinci, Dataran Tinggi Cianjur, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Bone, Dataran Tinggi Muler, dan lain-lain.


D. DATARAN RENDAH

Dataran Rendah Ciasem

Hampir semua wilayah provinsi di Indonesia memiliki daerah dataran rendah. Dataran rendah sangat bermanfaat bagi manusia, terutama untuk pertanian, peternakan, pemukiman, industri, perkebunan kelapa, perkebunan tebu, perkebunan tembakau, dan lain-lain. 


E. PANTAI

Pantai Kuta, Bali

Sebagian besar wilayah negara kita merupakan perairan, terutama laut, sehingga kita memiliki wilayah pantai yang cukup luas. Kita mengenal beberapa pantai, misalnya Pantai Ancol di Jakarta, Pantai Cermin di Sumatera Utara, Pantai Sanur dan Pantai Kuta di Bali, Pantai Pelabuhan Ratu di Jawa Barat, Pantai Carita di Banten, Pantai Losari di Sulawesi Selatan, Pantai Senggigi di Lombok, Pantai Maluk di Sumbawa Barat, Pantai Losiana di Nusa Tenggara Timur, dan Pantai Korem di Papua.


F. SUNGAI

Sungai Musi

Di Indonesia banyak sekali terdapat sungai, besar maupun kecil, panjang maupun pendek. Sungai terbesar di Sumatera adalah Sungai Musi. Di atas Sungai Musi terbentang sebuah jembatan yang sangat panjang.

Di Pulau Jawa, ada juga sungai yang terpanjang, yaitu Sungai Bengawan Solo. Sungai ini melintasi dua provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di Kalimantan juga terdapat sungai yang terpanjang. Sungai yang terpanjang di Kalimantan adalah Sungai Kapuas. Sungai Kapuas tidak saja terpanjang di Pulau Kalimantan, tetapi juga di Indonesia. Di Papua terdapat sungai terpanjang, yaitu Sungai Memberamo.


G. DANAU

Danau Toba

Di Indonesia, terdapat cukup banyak danau. Di Pulau Sumatera terdapat Danau Laut Tawar (Nangroe Aceh Darussalam), Danau Toba (Sumatera Utara), Danau Maninjau dan Danau Singkarak (Sumatera Barat), Danau Kerinci (Jambi), Danau Tempe (Sulawesi Selatan), Danau Poso (Sulawesi Tengah), Danau Sentani (Papua), Danau Batur (Bali), Danau Segara Anak (Lombok), Danau Lebo (Sumbawa), serta Danau Kelimutu (Nusa Tenggara Timur). Danau Kelimutu disebut juga Danau Tigawarna.

Danau terbesar di Indonesia adalah Danau Toba. Di tengah-tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir.

Danau Toba termasuk contoh daerah lembah depresi karena tanahnya turun setelah terjadi letusan gunung api. Sedangkan Danau Kerinci, Danau Ranau, dan Danau Maninjau terjadi akibat lembah puncak gunung yang terisi air hujan (kaldera).


H. LAUT

Laut Flores

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki wilayah laut yang cukup luas. Semua provinsi di Indonesia memiliki wilayah laut. Nama-nama laut yang terdapat di Indonesia adalah Laut Jawa, Laut Sulawesi, Laut Banda, Laut Seram, Laut Maluku, Laut Halmahera, Laut Arafuru, Laut Flores, Laut Sawu, dan Laut Timor. Selain itu, juga terdapat Samudera Hindia. Samudera adalah laut yang sangat luas. 


I. SELAT

Selat Sunda

Selat digunakan sebagai sarana penyeberangan antarpulau. Banyak sekali selat yang menghubungkan pulau-pulau di Indonesia. Selat-selat itu misalnya Selat Sunda, Selat Karimata, Selat Bali, Selat Sape, Selat Bangka, dan Selat Berhala.


Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

1 komentar: