DEFINISI TERKAIT LEASING


Lessee dan Lessor
Penyewa Guna Usaha (Lessee) adalah perusahaan atau perorangan yang menggunakan barang modal dengan pembiayaan dari pihak Perusahaan Sewa Guna Usaha (Lessor).

Perusahaan Sewa Guna Usaha (Lessor) adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal baik secara Financial lease maupun Operating lease untuk digunakan oleh Penyewa Guna Usaha selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala.

Financing Lease dan Operating Lease
Finance lease adalah kegiatan Sewa Guna Usaha, di mana Penyewa Guna Usaha pada akhir masa kontrak mempunyai hak opsi untuk membeli obyek sewa guna usaha berdasarkan nilai sisa yang disepakati bersama.
Operating lease adalah kegiatan Sewa Guna Usaha di mana Penyewa Guna Usaha tidak mempunyai hak opsi untuk membeli obyek sewa guna usaha.


Biaya Langsung Awal dan Investasi Sewa Bruto
Biaya langsung awal (initial direct costs) adalah biaya-biaya tambahan (inkremental) yang terjadi yang dapat diatribusikan secara langsung dengan negosiasi dan pengaturan sewa, kecuali biaya-biaya yang dikeluarkan oleh lessor pabrikan atau lessor dealer.

Investasi sewa bruto (gross investment in the lease) adalah penjumlahan agregat dari:
(a) pembayaran sewa minimum yang akan diterima lessor berdasarkan sewa pembiayaan, dan
(b) nilai residu yang tidak dijamin yang menjadi hak lessor.


Suku Bunga Implisit dan Suku Bunga Pinjaman Incremental
Tingkat bunga implisit dalam sewa (interest rate implicit in the lease) adalah tingkat diskonto yang, pada awal sewa, menghasilkan penjumlahan agregat nilai kini dari:
(a) pembayaran sewa minimum, dan
(b) nilai residu yang tidak dijamin

sama dengan penjumlahan dari:
(a) nilai wajar aset sewaan, dan
(b) biaya langsung awal dari lessor.

Tingkat bunga pinjaman inkremental lessee (lessee’s incremental borrowing rate of interest) adalah tingkat bunga yang harus dibayar lessee dalam sewa yang serupa atau, jika tingkat bunga tersebut tidak dapat ditentukan, tingkat bunga yang pada awal sewa yang harus ditanggung oleh lessee ketika meminjam dana yang diperlukan untuk membeli aset tersebut yang mana pinjaman ini mencakup periode dan jaminan yang serupa.


Sales Type Lease dan Direct Financing Lease
Sales Type Lease, yaitu salah satu jenis dari capital lease, yang mana leased property pada saat permulaan sewa mempunyai nilai yang berbeda dengan cost yang ditanggung lessor. Lessor dalam hal ini bisa menempatkan suatu pabrikan atau dealer yang memakai metode leasing sebagai salah satu jalur pemasarannya.

Direct Financing Leases, yaitu salah satu bentuk financial leasing yang dibiayai langsung oleh lessor.


Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar