CARA MENINGKATKAN HARGA DIRI


Bagaimana cara kita meningkatkan harga diri? Ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan harga diri kita, yakni:
  • Mengenali kelebihan dan kekurangan diri kita.
  • Menerima diri apa adanya.
  • Memanfaatkan kelebihan.


1. MENGENALI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KITA

Setiap manusia itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada anak yang pintar, tapi tidak kaya. Ada anak yang cantik, tapi tidak terlalu cerdas. Ada anak yang pandai olahraga, tapi tidak pandai bermain musik. Ada anak yang pintar matematika, tetapi tidak pandai dalam olahraga.


2. MENERIMA DIRI APA ADANYA

Agar harga diri kita meningkat, kita harus menerima diri kita seperti adanya. Kita harus mengakui kekurangan kita dan menerimanya. Kita harus mengakui bahwa manusia itu tidak sempurna dan selalu memiliki kekurangan. Selain itu, kita harus menyadari bahwa mungkin masih ada manusia yang lebih kurang beruntung dari kita. Perhatikanlah para pengemis dan pengamen yang ada di pinggir jalan. Bukankah kita lebih beruntung dari mereka?

Kita juga dapat menyadari bahwa kekurangan dapat menjadi berkah. Bacalah kisa dua katak di bawah ini.

Ada sekelompok katak sedang berjalan-jalan melintasi hutan. Malangnya, dua di antara katak tersebut jatuh ke dalam lubang. Ternyata lubang itu dalam sekali.

"Lebih baik kalian menunggu ajal saja. Tidak mungkin kalian akan berhasil keluar."

Kedua katak tersebut berusaha keluar, tetapi selalu gagal. Akhirnya salah satu katak itu menyerah. Karena kelelahan, akhirnya ia mati. Katak satunya lagi terus berusaha melompat. Teman-temannya terus berteriak, "Hentikan saja. Kamu tidak mungkin keluar."

Katak itu malah semakin giat berusaha. Dengan susah payah, akhirnya ia berhasil.
Katak lainnya takjub dan bertanya, "Apa kau tidak mendengar teriakan kami?" Dengan memberikan isyarat, katak itu menjelaskan. Ia sebenarnya tuli. Tentu saja ia tidak bisa mendengar!

Dapatkan kita membayangkan kalau katak itu bisa mendengar? Mungkin ia akan menyerah dan mati seperti katak satunya. Karena itu, jangan bersedih dengan kekurangan yang kita miliki. Siapa tahu kekurangan itu akan memberikan keuntungan bagi kalian.


3. MEMANFAATKAN KELEBIHAN

Kita telah belajar bahwa semua manusia memiliki kelebihan. Kelebihan itu beragam bentuknya.

Tia adalah anak yang pandai menggambar. Teman-temannya di kelas mengagumi kepandaiannya. Setiap kali ada lomba menggambar, Tia sering menjadi juara. Tetapi, Tia tidak sombong. Ia senang membantu temannya yang ingin belajar menggambar. Tia akan membantu menunjukkan cara mencampur warna yang baik. Teman-teman Tia menyukai Tia.

Dewi tidak bisa menggambar seperti Tia. Ia juga tidak pandai di sekolah. Tapi jika ada temannya yang kelihatan sedih, Dewi langsung mendekatinya. Dewi ternyata pandai membuat temannya ceria. Jika bersama Dewi, temannya yang sedih akan merasa lebih baik. Dewi memiliki kelebihan yang bisa bermanfaat bagi orang lain.


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.

Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar