KASUS ETIKA PROFESI DALAM LEHMAN BROTHERS HOLDINGS INC.


Pendahuluan
Lehman Brothers Holdings In) adalah perusahaan layanan keuangan global, berpartisipasi dalam bisnis investasi perbankan, ekuitas dan berpendapatan tetap penjualan, penelitian dan perdagangan, manajemen investasi, ekuitas swasta, dan perbankan swasta.

Lehman didirikan di Montgomery, Alabama, Amerika Serikat pada tahun 1850 oleh Henry Lehman, Emanuel Lehman, Mayer Lehman.

Lehman merupakan agen utama dalam pasar sekuritas Treasury AS. Anak perusahaan utamanya termasuk Lehman Brothers Inc, Neuberger Berman Inc, Aurora Loan Services, Inc, SIB Mortgage Corporation, Lehman Brothers Bank, FSB, Eagle Energy Partners, dan Crossroads Group. Kantor pusat Lehman adalah di di New York City, dengan kantor regional di London dan Tokyo, dan juga kantor cabang pembantu di seluruh dunia.
 
Pada hari senin tanggal 15 September 2008, Lehman Brother mengumumkan kebangkrutannya dan menyampaikan formulir kebangkrutan ke United States Bankruptcy Court for the Southern District of New York. Dan dinyatakan sebagai kebangkrutan paling besar dalam sejarah Amerika.

 
Penyebab Kebangkrutan
Ada 2 penyebab utama bangkrutnya Lehman, yaitu:
  1. Krisis Subprime Mortgage
    Dengan terjadinya krisis ini, menyebabkan kredit macet. Sehingga Lehman Brother pun tidak bisa membayar kewajibannya kepada pihak lain.
  2. Tekanan dari Pesaing
    JP Morgan Chase & Co dan Citigroup, yang meminta tambahan penjaminan sebesar 21 miliar dollar AS ketika Lehman mulai guncang. Serta pada 11 September 2008 JP Morgan meminta tambahan jaminan 5 miliar dollar AS. Meskipun bersaing, bank investasi saling melakukan pinjam meminjam.

 
Rekayasa Akuntansi
Dengan bangkrutnya Lehman Brothers, terungkap perekayasaan Laporan Keuangan dimana terjadi pengurangan jumlah kewajiban dengan menggunakan repo 105 dan 108. Dikarenakan Krisis Subprime Mortage tersebut repo 105 dan 108 merupakan jalan keluar yang paling menguntungkan bagi Lehman Brothers dibandingkan dengan menjual aset yang harganya telah merosot tajam. Transaksi Repo yang digunakan Lehman Brothers dilakukan untuk menutupi utang lebih dari $ 50 Milyar. Hal ini dilakukan untuk menyembunyikan ketergantungannya dari utang sehingga kondisi keuangan Lehman Brothers “terlihat” sehat. Hal ini tidak terlepas dari peran Public Auditor Lehman Brothers sendiri, yaitu KAP Ernst & Young.


Sumber:
  1. http://belajarforex.com/artikel-fundamental/lehman-brothers.html
  2. http://economy.okezone.com/read/2013/09/13/213/865768/lehman-brothers-kebangkrutan-terbesar-sepanjang-sejarah-amerika
  3. http://www.eramuslim.com/berita/analisa/analisa-bangkrutnya-lehman-brothers-dan-nasib-perekonomian-as.htm#.UzLRWM4WfVK
  4. http://www.anggaran.depkeu.go.id/web-content-list.asp?ContentId=530
  5. http://magisterakutansi.blogspot.com/2012/09/hari-hari-terakhir-lehman-brother.html


Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar