MELAKSANAKAN ATURAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT


Melaksanakan aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat merupakan kewajiban warga setempat. Aturan diberlakukan untuk membuat kondisi lingkungan lebih tertib, aman, bersih, dan nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya setiap warga melaksanakan aturan dengan sukarela. Tidak merasa terpaksa melakukannya.

Adik Pak Hadi, Budi, datang dari kampung. Budi baru saja tamat dari Sekolah Teknik Menengah (STM). Budi ingin mencari pekerjaan. Sementara belum mendapat pekerjaan, Budi berniat tinggal di rumah Pak Hadi.

Setelah satu hari mengingap, Pak Hadi mengajak Budi berkunjung ke rumah Pak RT. Pak Hadi melaporkan bahwa Budi akan tinggal sementara di rumahnya.

Pak RT menerima laporan Pak Hadi dengan senang hati. Pak RT bangga dan senang bahwa warganya melaksanakan aturan yang berlaku di lingkungan dengan tanggung jawab.

Melaporkan tamu kepada Pak RT memang merupakan keharusan. Dengan begitu, Pak RT jadi tahu ada warga sementara yang tinggal di wilayah RT-nya.

Bapak dan Ibu Sani akan mengadakan hajatan. Rio, anak Pak Sani akan dikhitan. Pak Sani meminta izin kepada Pak RT dan tetangga samping kanan, kiri, dan depan rumah untuk mendirikan tenda di depan rumah. Sudah menjadi aturan di lingkungan tempat tinggal Pak Sani bahwa jika akan mendirikan tenda harus meminta izin tetangga di samping dan depan rumah.

Ketika tiba waktu hajatan, Pak Sani mendirikan tenda di depan rumahnya. Karena tetangga sudah tahu akan ada acara itu, mereka memakluminya. Tetangga tidak merasa terganggu.

Warga RT 03 selalu hidup rukun. Mereka menaati aturan yang berlaku di lingkungan. Menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan.

Setiap hari, warga secara bergiliran melakukan ronda malam. Jika ada yang berhalangan, mereka akan minta izin dan mencoba mencari penggantinya.

Sebulan sekali, warga melaksanakan kerja bakti. Tidak hanya lingkungan sekitar rumah saja yang dibersihkan. Namun, jalan umum, taman umum, dan fasilitas umum lain juga dibersihkan dan dipelihara. Dengan begitu, lingkungan bukan hanya bersih, tetapi juga terpelihara dengan baik.


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.

Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar