MENERIMA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN INDONESIA


Kita telah belajar bahwa Indonesia punya banyak hal yang bisa dibanggakan. Kita memiliki kekayaan yang melimpah. Kita memiliki aneka tambang. Kita memiliki beragam flora dan fauna. Kita juga memiliki beragam suku bangsa dengan budaya-budaya yang unik. Semua itu adalah kekayaan yang tiada duanya. Berapa banyak negara di dunia ini yang memiliki kekayaan beragam seperti negara kita?

Tapi di sisi yang lain, bangsa kita juga tengah dirundung banyak masalah. Kita bisa menonton televisi dan membaca koran. Kita bisa mendengar bahwa bangsa kita berkali-kali ditimpa bencana, mulai dari tsunami hingga banjir. Kita juga bisa membaca bahwa ada orang-orang yang melakukan korupsi. Mungkin juga kita mengetahui ada teman-teman kita yang kelaparan dan tidak bisa sekolah.

Semua hal ini membuat kita prihatin. Bahkan, terkadang kita malu dan sedih. Meskipun demikian, bukan berarti kita harus berhenti bangga sebagai anak Indonesia. Bila kita benar-benar bangga terhadap Indonesia, kebanggaan kita tidak akan berhenti karena ada masalah.

Kita harus tetap mengakui kelebihan Indonesia dan pada saat yang sama juga menerima kekurangan. Bila kita menerima kekurangan bangsa kita, kita bisa melakukan banyak hal untuk memperbaiki kekurangan itu.


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.

Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar