SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBARUI


Disebut dapat diperbarui karena sumber daya alam itu dapat dihasilkan kembali setelah digunakan. Sumber daya alam yang dapat diperbarui ini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Yang termasuk sumber daya alam ini adalah tanaman, hewan, tanah, air, dan udara. Tanaman dapat diperbarui dengan cara menanam kembali. Hewan bisa diperbarui karena memiliki keturunan (beranak atau bertelur) atau memperbanyak diri. Tanah, air, dan udara diperbarui dengan proses pembentukan atau proses daur ulang.


1. SUMBER DAYA ALAM TANAMAN

Tanaman yang ada di Indonesia bisa dikelompokkan menjadi:
  • Tanaman pertanian,
    Beberapa hasil pertanian misalnya: padi, jagung, kedelai, kacang panjang, ubi kayu, kacang hijau, ubi jalar, dan sayur-sayuran.
  • Tanaman perkebunan,
    Beberapa hasil perkebunan, misalnya: teh, kelapa sawit, kelapa, kopi, tembakau, cengkeh, coklat, buah-buahan.
  • Tanaman kehutanan,
    Ada beberapa jenis hutan di Indonesia. Misalnya hutan tropis yang lebat dengan berbagai jenis tumbuhan, hutan tanaman industri, dan hutan dengan tanaman sejenis.
  • Tanaman hias,
    Beberapa contoh tanaman hias, misalnya tanaman bunga-bungaan, tanaman rumput, dan lain-lain.


2. SUMBER DAYA ALAM HEWAN

Hewan yang ada di Indonesia bisa dikelompokkan menjadi:
  • Hewan ternak unggas, misalnya ayam, itik, dan burung.
  • Hewan ternak besar, misalnya kuda, kerbau, kambing, dan sapi.
  • Perikanan darat, laut, dan ikan hias.


3. SUMBER DAYA ALAM TANAH

Selain sebagai tempat tumbuh tanaman, tanah juga menjadi tempat tinggal manusia dan hewan. Kita memerlukan tanah untuk mendirikan bangunan dan bisa dijadikan sebagai bahan baku kerajinan.


4. SUMBER DAYA ALAM AIR

Wilayah perairan Indonesia lebih luas daripada wilayah daratan. Wilayah perairan ini dimanfaatkan untuk berbagai hal. Misalnya, tempat hidup ikan dan tanaman air, sebagai sarana transportasi, sebagai sumber air, dan sebagai pembangkit tenaga listrik (PLTA).

Manusia memerlukan air untuk berbagai keperluan. Selain sebagai air minum, air juga diperlukan untuk mandi, mencuci atau menyiram tanaman.


5. SUMBER DAYA ALAM UDARA

Udara diperlukan manusia untuk beberapa keperluan. Keperluan yang utama adalah untuk bernafas. Keperluan yang lain misalnya untuk membantu transportasi udara dan kapal layar, sebagai sarana olahraga, sebagai pembangkit tenaga listrik (dengan kincir angin).


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.

Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar