TEKS RUMPANG DALAM BAHASA INGGRIS


Untuk melengkapi sebuah teks rumpang, kita juga perlu memahami makna kalimat. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengerjakan soal teks rumpang.

  1. Perhatikan fungsi/jenis kata dalam kalimat, apakah sebagai kata sifat, kata benda, atau kata kerja. Pilihlah kata yang tepat sesuai dengan fungsinya.
  2. Jika pada pilihan jawaban ternyata ada beberapa jenis kata yang sama, perhatikan hal-hal berikut.
    • Jika kata itu berupa kata benda, perhatikan apakah kata tersebut tunggal atau jamak, countable (dapat dihitung) atau uncountable (tidak dapat dihitung).
    • Jika kata itu berupa kata kerja, perhatikan tense kalimat, apakah berbentuk past, present, atau future. Misalnya, jika semua kalimat dalam teks tersebut berbentuk past, boleh jadi kata yang dipertanyakan juga berbentuk past.
    • Apabila kata itu berupa adjective (kata sifat), perhatikan kata benda yang diterangkan oleh kata sifat tersebut.
    • Apabila kata itu berupa adverb (kata keterangan), perhatikan kata kerja yang diterangkan oleh kata keterangan tersebut.
    • Apabila kata itu berupa pronoun (kata ganti), perhatikan kata benda dalam kalimat-kalimat sebelumnya. Juga perhatikan kata kerja yang mengikuti kata ganti tersebut.
  3. Perhatikan konteks dan pahami makna kalimat-kalimat rumpang tersebut untuk memilih kosakata (vocabulary) yang paling sesuai dengan konteks kalimat.


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.

Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

1 komentar: