MENGENAL TOKOH SUMPAH PEMUDA


Beberapa tokoh penting yang berperan dalam peristiwa Sumpah Pemuda antara lain sebagai berikut.


A. WAGE RUDOLF SUPRATMAN



Wage Rudolf Supratman dilahirkan pada tanggal 19 Maret 1903 di Purworejo, Jawa Tengah. Beliau menamatkan sekolah dasar di Jakarta. Setelah itu ia melanjutkan sekolah di Normal School di Makassar. Seusai menamatkan sekolah, ia bekerja sebagai guru sekolah dasar, kemudian ia menjadi wartawan. Ketika menjadi murid, ia sangat rajin, cerdas, dan ulet. Bakatnya dalam bidang seni terus ia tekuni sehingga mampu mencipta lagi, memainkan alat musik, dan tentunya menyanyi. Lagu-lagu perjuangan ia ciptakan. Harapannya, dapat membangkitkan semangat berjuang bangsa Indonesia.

Keahliannya membuahkan hasil, lagu Indonesia Raya ia ciptakan dengan sangat baik. Sampai saat ini lagu tersebut selalu dinyanyikan dengan khidmat dan semangat oleh seluruh bangsa Indonesia.


B. MUHAMMAD YAMIN




Muhammad Yamin dilahirkan pada tanggal 24 Agustus 1903 di Talawai dekat Sawahlunto, Sumatera Barat. Setelah tamat Sekolah Dasar Bumiputera, ia melanjutkan ke sekolah guru di Bukittinggi. Beliau senang berorganisasi, atau membuat perkumpulan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan berorganisasi dimulai dengan menjadi anggota perkumpulan Jong Sumateranen Bond dan Indonesia Muda. Beliau berkeinginan semua bangsa Indonesia bersatu. Sifat yang dapat kita tiru dari beliau adalah ulet, rajin, pantang menyerah, senang berorganisasi, berwawasan luas, serta selalu ingin berjuang untuk bangsa dan negara.

Dalam Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928, beliau banyak melontarkan pemikiran dan saran. Pemikirannya berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa guna mencapai kemerdekaan. Beliau selalu mengajak dan menyadarkan bangsa Indonesia untuk bersatu.



Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.

Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar