ATURAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT


Seperti di sekolah, di masyarakat juga ada aturan tertulis dan ada aturan tidak tertulis. Aturan yang tertulis misalnya, "tamu yang datang menginap, harus lapor ke Ketua RT". Peraturan tidak tertulis misalnya, "jika ada tetangga sakit, sebaiknya kita menengoknya". Di lingkungan kita tentu ada aturan tertulis dan ada juga aturan tidak tertulis.

Aturan yang dibuat di lingkungan ditujukan untuk mengatur tata tertib kehidupan warga. Dalam aturan itu biasanya disebutkan kewajiban-kewajiban warga untuk menjaga keamanan, kerukunan, dan kenyamanan lingkungan.

Dalam aturan sering juga dicantumkan hak-hak yang bisa diperoleh oleh warga. Misalnya hak keamanan, pelayanan dari aparat RT atau RW atau kelurahan, serta kenyamanan warga. Berikut adalah contoh aturan yang diterapkan di Lingkungan RT 03 RW 09 Kelurahan Suka Rasa.


ATURAN TERTULIS BAGI WARGA LINGKUNGAN RT 03 RW 09

  1. Setiap Kepala Keluarga wajib memiliki Kartu Keluarga.
  2. Setiap Warga yang sudah berumur 17 tahun wajib memiliki KTP.
  3. Tamu yang menginap lebih dari 24 jam wajib lapor pada Ketua RT.
  4. Setiap warga wajib menjaga keamanan lingkungan.
  5. Setiap warga wajib menjaga kebersihan lingkungan.
  6. Setiap warga wajib menjaga ketenangan lingkungan.


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.

Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

3 komentar:

  1. As WW
    Uraian dari sdr. Adri Aswin Azhar cukup bagus, ringkas dan padat.
    alangkah baik lagi jika dilengkapi dengan akibat dari masyarakat yang tidak mematuhi aturan tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr. wb.
      Terima kasih bu Indri atas kunjungan dan sarannya di blog ini. Untuk artikel ini dan selanjutnya, mungkin akan diperlengkap penjelasannya.. :D

      Hapus