ISI SUMPAH PEMUDA


Pernahkah Anda mendengar Sumpah Pemuda? Sumpah dapat dikatakan sama dengan janji. Pasti Anda pernah mengucapkan janji kepada teman, kakak, adik, ibu, atau ayah. Sumpah Pemuda merupakan janji yang diucapkan oleh para pemuda pada tahun 1928.

Suasana Kongres Pemuda II

Gambar itu adalah suasana ketika para pemuda mengadakan kongres sumpah pemuda. Amatilah naskah asli isi Sumpah Pemuda yang diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 berikut ini.





Mungkin Anda tidak biasa membaca tulisan seperti di atas. Waktu itu ejaan yang digunakan seperti itu. "Poetra" dibaca putra, "mengakoe" dibaca mengaku. Jadi waktu itu menulis "oe" sama dengan "u" sekarang. Sekarang Anda bisa memahami naskah Sumpah Pemuda seperti di atas. Itulah sumpah yang diucapkan oleh para pemuda hampir di seluruh wilayah Indonesia.



Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.

Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar