ATURAN YANG BERLAKU DI MASYARAKAT


Aturan adalah ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat. Aturan digunakan sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan diterima.

Aturan yang berlaku pada satu kelompok masyarakat belum tentu berlaku pada masyarakat yang lain. Meskipun biasanya ada juga aturan yang sifatnya umum, berlaku di segala tempat. Aturan bisa dibuat secara tertulis, bisa juga tidak tertulis. Aturan juga mengandung sanksi. Sanksinya biasanya dibuat sesuai dengan aturan, bisa ringan bisa juga berat. Hal itu biasanya tergantung pelanggaran yang dilakukan.

Ketika pelajaran Kewarganegaraan, Adri merasa sakit perut. Adri meminta izin pada Ibu Guru pergi ke toilet. Setelah Ibu Guru mengizinkan, Adri baru pergi meninggalkan kelas. Minta izin sebelum meninggalkan kelas adalah sebagian aturan yang diberlakukan di kelas Adri.

Pak Harun sedang kemalangan. Ibu Pak Harun meninggal dunia. Banyak warga yang datang melayat. Ada yang sekedar menyampaikan rasa duka cita. Ada juga yang ikut membantu menyiapkan pemakaman.


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.

Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar