JAWABAN CONTOH SOAL ANALISA PASAR MODAL



Ratio
INDF
UNVR
Market Price per share
Rp24.250
Rp20.500
Earning per share
Rp2.500
Rp2.560
Price Earning ratio
13x
12x
Debt to Tangible Net Worth ratio
45%
35%
Return on Common Equity
19%
18%
Dividend per share
Rp260
Rp250


Market Price per share
Merupakan harga per lembar saham yang ada di pasar modal. Tingkat harga saham dapat memengaruhi kemampuan investor dalam membeli. Harga saham yang baik adalah tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Pada perusahaan INDF dan UNVR, harga per lembar saham INDF lebih tinggi daripada UNVR. Hal ini mungkin disebabkan kinerja perusahaan INDF yang lebih baik.


Earning per share
Merupakan laba yang dihasilkan dari setiap lembar saham yang dipegang oleh investor. Semakin tinggi laba maka akan semakin besar pendapatan investor tersebut.

Perusahaan UNVR, meskipun memiliki Market Price per share yang lebih kecil dibandingkan dengan INDF, namun EPS mereka lebih besar dibandingkan INDF, sehingga investor akan lebih banyak mendapatkan penghasilan per lembar saham daripada di INDF.


Price Earning ratio
Merupakan rasio yang menggambarkan bagaimana keuntungan perusahaan atau emiten saham terhadap harga sahamnya. Semakin tinggi nilai PER, maka tingkat kepercayaan investor pada perusahaaan atas kinerja yang akan datang semakin besar.

PER Perusahaan INDF lebih baik jika dibandingkan UNVR, sehingga kinerja perusahaan INDF lebih terjamin dibandingkan UNVR.


Debt to Tangible Net Worth ratio
Merupakan perbandingan antara hutang jangka pendek dengan dana pemilik perusahaan. Semakin besar nilai perbandingannya, maka semakin buruk nilai dari suatu perusahaan karena banyak pembiayaan aset perusahaan yang berasal dari hutang dibandingkan dana pemilik perusahaan.

Perusahaan INDF lebih banyak pembiayaan asset melalui hutangnya jika dibandingkan dengan perusahaan UNVR, sehingga lebih baik memilih perusahaan UNVR.


Return on Common Equity
Adalah seberapa besar perusahaan memberikan imbal hasil investasi yang telah diinvestasikan investor ke perusahaan tersebut. Semakin tinggi Return on Common Equity, maka semakin baik karena memberikan imbal hasil yang lebih besar.

Perusahaan INDF memberikan imbal hasil yang lebih baik dibandingkan perusahaan UNVR


Dividend per share
Jumlah total dividen yang akan dibagikan pada investor untuk setiap lembar sahamnya. Semakin tinggi nilai Dividend per share suatu perusahaan, maka keadaan perusahaan tersebut semakin baik karena dapat membagikan Dividend per share dalam jumlah besar.

Jika dibandingkan dengan UNVR, Dividend per share INDF lebih tinggi sehingga berinvestasi di INDF lebih menguntungkan.


Rekomendasi
Berdasarkan berbagai macam ratio yang telah dianalisa di atas, saya lebih memilih untuk berinvestasi di perusahaan INDF karena dari sisi PER, ROCE, dan DPSnya lebih baik dibandingkan perusahaan UNVR yang artinya kinerja perusahaan INDF bisa dikatakan lebih baik dan lebih menguntungkan daripada UNVR, walaupun dari sisi Debt to Tangible Net Worth rationya lebih buruk dari UNVR dan Market Price per share yang sedikit lebih mahal, begitu juga dengan EPSnya yang -60 dibandingkan UNVR.


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.

Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar