CARA UNTUK MENGOREKSI DOKUMEN KOMPLEKS


Kalimat yang panjang, rumit, dan dokumen penting membutuhkan pengoreksian yang lebih hati-hati, dapat dilakukan dengan cara:
  1. Print dokumennya, gunakan double-spaced, dan periksalah paling tidak seharian.
  2. Gunakan waktu lengang yang cukup untuk mengoreksinya.
  3. Bersiaplah untuk menemukan kesalahan. Secara psikologis, kita sulit untuk menemukan kesalahan kita sendiri, dan kita juga tidak ingin ada kesalahan.
  4. Bacalah pesannya paling tidak dua kali, satu untuk makna kalimatnya dan satu lagi untuk tata bahasanya. Untuk dokumen yang sangat panjang (bab dalam buku dan artikel yang panjang), bacalah hingga tiga kali untuk melihat apakah formatnya sudah benar.
  5. Kurangi kecepatan membaca anda. Konsentrasikan pada kata-kata individu.
  6. Untuk dokumen yang harus sempurna, ajaklah seseorang untuk membacanya dengan keras.
  7. Gunakan tanda koreksi yang standar.

Program dalam komputer anda mungkin memiliki spellchecker. Program ini menganalisa gaya penulisan anda, termasuk apakah kalimat anda dapat dimengerti atau tidak. Namun, komputer anda tidak dapat selalu melakukannya secara sempurna. Jadi, walaupun spellchecker dapat membantu anda dapat menemukan kesalahan penulisan, anda tetaplah merupakan pengoreksi yang paling benar.


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.
  
Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.

Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar