DEFINISI KETENAGAKERJAAN


Ketenagakerjaan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan tenaga kerja. Dan dari sini dibagi lagi menjadi beberapa definisi yaitu Angkatan Kerja adalah penduduk usia kerja (15 – 64 tahun) yang bekerja, atau punya pekerjaan namun sementara tidak bekerja dan pengangguran. Sedangkan, Pengangguran adalah orang yang tidak mendapat kesempatan bekerja, tetapi sedang mencari pekerjaan atau penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin memperoleh pekerjaan.

Pekerja (employed) dikelompokkan menjadi dua, yaitu pekerja penuh (full employed) dan pekerja setengah pengangguran (underemployed). Pekerja penuh adalah angkatan kerja yang sudah memenuhi syarat sebagai pekerja penuh yaitu jam kerja minimal 40 jam per minggu, dan bekerja sesuai dengan keahlian atau berdasarkan pendidikan.

Sedangkan setengah pengangguran adalah pekerja yang tidak memenuhi jam kerja minimal sehingga pendapatannya juga di bawah standar minimal. Pekerja jenis ini tingkat produktivitasnya rendah karena mereka bekerja bukan pada bidang keahliannya dan tidak sesuai latar belakang pendidikannya

Berdasarkan pada data tentang jumlah angkatan kerja, pekerja, pengangguran, tingkat partisipasi angkatan kerja, dan tingkat pengangguran terbuka dengan tahun penelitian adalah pada 2011, 2012, dan 2013 yang diambil dari situs BPS. Dapat dianalisa, bahwa untuk jumlah angkatan kerja mengalami peningkatan yaitu sebesar minimal 1 juta jiwa tiap tahunnya selama kurun waktu 2011 - 2013. Sedangkan, untuk penerapan angkatan kerja mengalami kenaikan tiap tahunnya minimal 1 juta jiwa dalam kurun waktu 2011 – 2013.

Selain itu, untuk tingkat pengangguran mengalami penurunan dari 8,12 juta menjadi 7,17 juta dalam kurun 2011 – 2013. Sedangkan, untuk tingkat pengangguran mengalami penurunan dari 6,8 % menjadi 5,92 % dalam kurun 2011 hingga 2013. Sedangkan untu upah minimum daerah terus meningkat denganUMR tertinggi adalah Jakarta yang di atas 2,2 juta rupiah. Sedangkan terendah adalah Jawa Timur sebesar diantara 700 ribu rupiah.

Dari sini dapat ditarik kesimpulan, bahwa program kependudukan pemerintah sudah berjalan sebagaimana mestinya. Dilihat dari peningkatan angkatan kerja yang telah bekerja dan tingkat pengangguran yang berkurang. Untuk upah minimal tiap daerah sendiri mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi daerah. Hanya saja untuk program pengendalian populasi penduduk harus lebih diprogram lagi.


Sumber:
  1. http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2348884-pengertian-tenaga-kerja-menurut-para/#ixzz2une7X15y
  2. www.bps.go.id


Artikel ini dapat dicopy-paste atau disebarluaskan. Namun, selalu cantumkan http://darikelas.blogspot.com/ sebagai sumber artikel.
  
Jadilah seorang pembaca yang baik dengan memberi komentar setelah membaca artikel ini. Kontribusi Anda dapat membantu kami untuk mengembangkan blog ini.

Terima kasih telah berkunjung ke Dari Kelas.
 
Like Facebook Page dan Follow Twitter-nya ya.
Twitter: @darikelas
Facebook: Dari Kelas

0 komentar:

Posting Komentar